Kapolri Ajak Dunia Internasional Perangi Terorisme

Kapolri Ajak Dunia Internasional Perangi Terorisme


loading…

JAKARTA – Aksi terorisme yang terjadi di Surabaya dan sejumlah tempat ditangani secara cepat oleh Polri. Tercatat sebanyak 74 terduga teroris sukses ditangkap oleh Detasemen Spesial (Densus) 88 Antiteror, sehingga gerak jejaring teroris merasa terdesak.Langkah cepat yang dilaksanakan pemerintah dalam menangani aksi terorisme pun disampaikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian terhadap dunia internasional dengan mengundang sejumlah duta besar negara sahabat menuju kediamannya baru-baru ini.

Tito mengajak dunia internasional usecara bersama-sama melawan aksi terorisme dengan metode dan instrumen hukum yang dipunyai masing-masing negara. Dia melihat terorisme merupakan fenomena internasional yang bukan cuma menyasar Indonesia, akan tetapi belahan dunia lainnya.

Dia menduga aksi teror yang terjadi di Indonesia mencuat asbab perintah ISIS yang ketika ini terdesak. “Rangkaian teror bom ini merupakan aksi yang diminta oleh ISIS yang ketika ini terdesak, teror dilaksanakan serentak tidak cuma Indonesia banyak negara pun sudah terjadi pemboman,” ungkap Tito, Jumat (25/5/2018).

Tito menerangkan, motif di balik aksi teror bom ini diduga asbab di tingkat internasional ISIS ditekan oleh power, bagus dari Barat bagaikan Rusia dan negara lainnya. Sehingga, kondisi terpojok dan memerintahkan seluruhnya jaringan guna melaksanakan serbuan pada seluruh dunia, masuk didalamnya di Indonesia.

Loading...
loading...

Di Indonesia, katanya, ada dua macam kubu terkait dengan ISIS yang sebagai ancaman. Pertama, kubu sel-sel jema’ah Ansharut Daulah (JAD) dan jema’ah Ansharut Tauhid (JAT). Banyak di antara mereka ada yang kembali berangkat menuju Suriah atau tertangkap oleh otoritas Yordania dan Turki atau berkisar Suriah.

menurutnya, ada berkisar 1.100 orang lebih yang berangkat menuju Suriah. Lantas yang dideportasi menuju Indonesia sebanyak 500 lebih. “Ini sebagai tantangan bersama-sama asbab mindset mereka ialah ideologi ISIS,” tandasnya. (Rakhmat)

(dam)

Kapolri Ajak Dunia Internasional Perangi Terorisme

Loading...

[Source]

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOLOM KOMENTAR ANDA :