Kapal Perang AS dan China Bersitegang di Selat Taiwan

Kapal Perang AS dan China Bersitegang di Selat Taiwan

Kapal Perang AS dan China Bersitegang di Selat Taiwan

CHINA – Menurut Jubir angkatan bersenjata Amerika, di tengah ketegangan yang meningkat dengan China, 2 kapal perang AS sudah berlayar melalui Selat Taiwan.

USS Curtis Wilbur dan USS Antietam melaksanakan transit rutin pada hari Senin untuk membuktikan tekad bulat AS “kepada Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Kolonel Rob Manning ke awak media di Pentagon, Washington, DC.

“Beberapa kapal perang China lantas membayangi kapal-kapal Amerika selama transit tersebut,” para pejabat angkatan bersenjata itu menjelaskan ke CNN.

Kapal perang AS sudah melaksanakan apa yang disebut latihan “kebebasan navigasi” di 180 kilometer bentangan air yang luas.

Pada bulan Juli, sepasang kapal penghancur rudal Angkatan Laut AS juga melewati Selat Taiwan.

China mengakui kedaulatan atas Taiwan, dan nyaris seluruh negara di dunia mengakui kedaulatan itu di bawah keputusan strategi yang dikenal selaku “1 China.”

Loading...
loading...

China baru-baru ini melaksanakan serangkaian latihan angkatan bersenjata, termasuk latihan melakukan tembakan langsung di Selat Taiwan pada bulan April.

Para pejabat China mengingatkan akhir bulan lalu bahwa penjualan suku cadang jet perang F-16 ke Taiwan yang disetujui Departemen Luar Negeri akan menabrak hukum internasional dan merusak hubungan AS-China.

Asisten Menhan AS Randall Schriver menjelaskan ke Reuters baru-baru ini bahwa Menhan James Mattis sudah meyakinkan mitranya dari China bahwa sikap Washington kepada Taiwan tetap tidak berubah.

Ketegangan antara AS dan China di Laut China Selatan sudah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. (ARN)


Arrahmah News
Shared by Hakim Abdul

loading...

You might like

About the Author: Hakim Abdul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *