Kalau Pilwalkot 1 Paslon, Rakyat Ndak Kenal Calon Pemimpinnya

Kalau Pilwalkot 1 Paslon, Rakyat Ndak Kenal Calon Pemimpinnya


loading…

MAKASSAR – Kalau pemilihan wali kota-wakil wali kota Makassar cuma diikuti satu pasangan calon (paslon), dikhawatirkan masarakat ndak bakal mengenal betul calon pemimpinnya kelak.Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Ali Armunanto menjelaskan, meski cuma satu paslon, tapi tahapan pilkada tetap bakal berjalan sebagaimana yang sudah ditetapkan.

Yang membedakan menurut dia ialah ndak bakal ada pertarungan politik, khususnya guna meraih simpati masarakat supaya menyokong bagian paslon.

“Bahwa ndak ada lagi pertarungan politik guna merebut supporting masarakat. Dengan satu paslon maka tahapan bakal berjalan monoton dan sepi dari usaha kampanye guna meyakinkan pemilih,” jelasnya.

(Baca pun: Bawaslu: KPU Makassar Wajib Laksanakan Putusan Panwaslu)

Efek yang terjadi dari hal itu ialah,  masarakat ndak bakal betul-betul mengetahui dan mengenal paslon yang bakal dipilihnya. Alasannya, asbab merasa ndak punya lawan, paslon merasa ndak butuh sosialisasi.

“Paslon merasa ndak perlu menyosialisasikan diri berlebihan jauh. asbab mereka toh ndak punya lawan,” tegas Ali.

Efek buruk dari hal itu ialah, bakal tidak sedikit pihak yang merasa ndak puas, dan turut mengampanyekan kolom kosong.

Loading...
loading...

Ketika ditanya, apakah penajaman visi misi kandidat ndak cukup guna memperkenalkan paslon, Andi Ali Armunanto mengumumkan, itu tak sama asbab tidak secara langsung turun menuju masarakat.

“Bakal tak sama, asbab usaha guna turun menuju masarakat bakal jauh berkurang akibat ndak ada persaingan politik. Sehingga,  penajaman visi misi cuma sebagai formalitas,” paparnya.

(Baca pun: Ahli Hukum Menyebut Putusan Panwaslu Kota Makassar Ndak Dapat Ditolak)

Mengenai keboleh-jadian kemenangan kolom kosong pada Pilwalkot Makassar kalau cuma ada 1 paslon, dia mengumumkan hal itu dapat terjadi. Terlebih kalau ada usaha yang dikerjakan secara massif.

“Ya, jika ada usaha guna memenangkannya. Atau ndak ada usaha lain dari paslon yang ada guna memperluas basis suaranya, dan basis suara lama dimanfaatkan guna memenangkan kolom kosong,” pungkasnya.

Kalau Pilwalkot 1 Paslon, Rakyat Ndak Kenal Calon Pemimpinnya

Loading...

[Source]

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOLOM KOMENTAR ANDA :