Jokowi Bangun Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Rp 3,97 triliun

Jokowi Bangun Universitas Islam Internasional Indonesia disingkat UIII, Senilai Rp 3,97 triliun

Dengan anggaran total Rp 3,97 triliun, Jokowi minta UIII dibangun di lahan 1.000 hektar, tapi kenyataannya cuma dapat lahan 124 hektar….

Presiden Jokowi ingin menjadikan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sebagai pusat kajian, penelitian, dan implementasi peradaban Islam Wasathiyah di Indonesia dan dunia.

Maka, tak heran ketika proyek tersebut direncanakan dua tahun silam, Presiden Joko Widodo meminta supaya universitas dibangun di atas lahan seluas 1.000 hektar.

“Karena saya tak mau setengah-setengah, permintaan saya ketika itu minta (universitas dibangun) di atas lahan 1.000 hektar,” ujar Presiden Joko Widodo dalam pidato acara peletakan batu pertama pembangunan UIII, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/6/2018).

Tetapi, rupanya mencari lahan seluas itu di Pulau Jawa bukan perkara mudah.

Kepada tim, Presiden Joko Widodo juga mengusulkan usulan supaya universitas tersebut dibangun di luar Pulau Jawa. Tetapi, keseluruhan tim tak setuju dengan usul Presiden tersebut.

Akhirnya, tim mencari lahan yang luasnya paling mendekati permintaan Presiden Joko Widodo.

Akhirnya, tim juga menemukan lahan di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, dekat akses jalan alternatif Jakarta-Bogor.

“Luasnya 124 hektar. Memang jauh dari 1.000 hektar ya. Tetapi setelah saya lihat lapangan, ternyata ini luas juga, cukuplah, alhamdulillah,” ujar Presiden Joko Widodo.

Meskipun demikian, Joko Widodo tetap menginginkan supaya universitas yang bakal desain bangunannya dibuat futuristik tersebut menjadi pusat kajian, penelitian, dan implementasi peradaban Islam Wasathiyah di Indonesia dan dunia.

“Memang sudah sewajarnya Indonesia menjadi rujukan kemajuan peradaban Islam di dunia,” lanjut Presiden Joko Widodo.

Pembangunan bakal dikerjakan dalam 3 tahap. Tahap pertama, biaya yang dianggarkan, ialah Rp 788 miliar. Adapun total anggaran yang direncanakan mencapai Rp 3,97 triliun.

Menurut masterplan, di wilayah UIII itu bakal didirikan mulai dari gedung fakultas, gedung rektorat, perpustakaan, gedung serbaguna, pusat olahraga, taman cagar alam, taman suaka religi, hingga rumah permanen bagi maha siswa berkeluarga, karyawan, serta tenaga pengajar.

Meskipun direncanakan rampung empat tahun yang akan datang, bangunan fakultas dipercayai rampung tahun 2019 dan sudah bisa langsung digunakan.

Jokowi Bangun Universitas Islam Internasional Indonesia disingkat UIII, Senilai Rp 3,97 triliun

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul “Joko Widodo Minta UIII Dibangun di Lahan 1.000 Hektar, tapi Ini Kenyataannya…”,  https://nasional.kompas.com/read/2018/06/05/11595151/jokowi-minta-uiii-dibangun-di-lahan-seluas-1000-hektare-tapi-ini.
Penulis : Fabian Januarius Kuwado
Editor : Diamanty Meiliana

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.