Joko Widodo 2 Periode Ialah Keinginan Kebanyakan, Siapa Wapresnya?

Website Islam Institute

Kebanyakan rakyat Indonesia ingin Joko Widodo 2 periode, lalu siapa Wapresnya? Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali dinanti untuk jadi presiden pada periode 2019-2024.
Keinginan kebanyakan rakyat Indonesia untuk Joko Widodo 2 periode itu tampak dalam survei Indo Barometer yang diumumkan di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, pada hari Minggu (3/12/2017). Dalam survei tersebut, sebanyak 61,8 % responden berharap Presiden Joko Widodo kembali jadi presiden untuk 2 periode.
“Kebanyakan publik, 61,8 %, berharap Jokowi kembali jadi Presiden untuk periode 2019-2024.” Ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari dalam rilisnya terkait survei yg mengungkap keinginan kebanyakan untuk Jokowi dua periode.
“Yang tidak berharap kembali 23,6 %. Dan yang tidak tahu atau tidak menjawab 14,7 %,” ucap Muhammad Qodari.
Sementara itu, elektabikitas Joko Widodo Ada di angka 34,9 % berdasar pertanyaan terbuka. Akan tetapi, jikalau berdasar pertanyaan tertutup dan cuma dibatasi 16 calon presiden, elektabilitas presiden Joko Widodo naik jadi 41,8 %.
Adapun jikalau diusulkan pertanyaan tertutup dan calon presiden dibatasi enam nama, elektabilitas presiden Joko Widodo meningkat jadi 44,9 %.
Kecuali daripada itu, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih diprediksi jadi pesaing Inti Joko Widodo pada Pemilihan Umum 2019.
menurut pertanyaan terbuka, elektabilitas Prabowo Ada di angka 12,1 %. Kalau didasarkan pada pertanyaan tertutup dan hitungan total calon presiden dibatasi 16 calon presiden, elektabilitas Prabowo naik jadi 13,6 %.
Adapun jikalau hitungan total calon presiden dibatasi 6 nama, elektabilitas Prabowo naik tidak signifikan cuma jadi 13,8 %.
“Tren elektabilitas Jokowi semenjak 2015-2017 perlahan makin meningkat. walaupun sempat melemah pada September 2015. Sementara elektabilitas Prabowo Subianto semenjak 2015-2017 mengalami fluktuasi,” ucap Qodari.
“(Prabowo) sempat naik pada September 2015 dan melemah pada Oktober 2016. Pada Maret 2017 sempat beranjak tapi melemah kembali pada November 2017,” kata dia.

Loading...
loading...

Joko Widodo 2 periode senantiasa unggul dalam survei

Survei Indo Barometer Dilakukan pada 15-23 November 2017 di 34 provinsi di Indonesia. Hitungan total sampel sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,83 % dengan tingkat kepercayaan 95 %.
Survei ini mempergunakan metode multistage acak sampling.
Kalau Joko Widodo kembali maju dalam Pemilihan presiden 2019, siapa pendamping yang difavoritkan pemilih?
Lembaga survei Indo Barometer mengumumkan hasil survei untuk Pilpres (Pemilihan presiden) 2019. Hasilnya, pasangan Presiden Joko Widodo ( Joko Widodo) dan Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY) meraih elektabilitas tertinggi kalau dipasangkan.
Duet Joko Widodo dan putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut mempunyai nilai elektabilitas sebesar 48,6 %.
Sementara itu, elektabilitas Joko Widodo jadi paling kecil kalau dipasangkan dengan Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) Jend. (Pol) Budi Gunawan ialah 41,2 %.

Joko Widodo 2 Periode ialah keinginan masarakat Indonesia

Loading...

Tetapi, berdasar survei tersebut, elektabilitas Joko Widodo tidak pernah dibawah 41 % waktu dipasangkan dengan sejumlah nama.
Misalnya, dengan Kapolri Jend. (Pol) Titi Karnavian, Panglima TNI Jend. Gatot Nurmantyo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, sampai eks Panglima TNI Jend. (purn) Moeldoko.
“Kalau dipasangkan dengan Gatot Nurmantyo elektabilitas Joko Widodo 47,9 % kontra pasangan calon Prabowo Subianto-Anies Baswedan dengan elektabilitas 19,4 %,” kata Qodari.
AHY bahkan jadi cawapres dengan elektabilitas paling tinggi dalam survei Indo Barometer, ialah 17,1 %, disusul dengan Gatot Nurmantyo di angka 15,9 %.
“Dan berdasar survei, ada 5 syarat Inti cawapres Joko Widodo ialah dari angkatan bersenjata, berpengalaman dalam pemerintahan, dekat dengan rakyat, menguasai dunia internasional, dan pintar secara intelektual,” lanjut Qodari.
Survei Indo Barometer Dilakukan pada 15-23 November 2017 di 34 Provinsi di Indonesia sudah mengungkap keinginan kebanyakan untuk Joko Widodo 2 periode. Hitungan total sampel sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,83 % dengan tingkat kepercayaan 95 %.
Survei ini mempergunakan metode multisrage acak sampling.
Jokowi mempunyai elektabilitas sebesar 53,2% sementara Prabowo Subianto mempunyai elektabilitas sebesar 33,0%.(Kompas TV)
Artikel terkait kebanyakan masarakat ingin Joko Widodo 2 periode ini telah tayang di kompas.com berjudul: Survei Indo Barometer, 61,8 % Ingin Joko Widodo Kembali Jadi Presiden. (Tribun Medan)
 

loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :