Jerman: Kami Bukan Tawanan AS atau Rusia

Jerman: Kami Bukan Tawanan AS atau Rusia

JERMAN – Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas mengkritik keras kritik Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump atas penjualan gas alam cair Rusia ke Berlin. Dia menjelaskan, Jerman bukan tawanan dari Rusia atau AS.

Pernyataan Maas, yang disampaikan di akun Twitter pribadinya ialah respon atas pernyataan Trump yang menyebut Rusia sudah mempergunakan gas alam demi menyandera Jerman. Trump menjelaskan, ialah hal yang Nggak dapat diterima bahwa Berlin lebih memilih membayar miliaran dolar ke Moskow daripada menambah iuran terhadap NATO, yang melindunginya dari Rusia.

“Kami bukan tawanan, baik dari Rusia maupun AS. Kami ialah bagian penjamin dunia bebas dan yang bakal tetap seperti itu,” kicau Maas, seperti dikutip Anadolu Agency pada Kamis (12/7).

sebelum ini, pernyataan serupa juga disampaikan oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel. Pemimpin Jerman itu mengatakan dengan tegas, bahwa Jerman ialah negara merdeka dan bebas menentukan keputusan strategi luar negeri mereka.

Merkel meyatakan, Nggak ada satupun negara yang mengatur Jerman, baik itu Rusia atau AS, dalam membikin keputusan strategi luar negerinya. Dia juga mengatakan dengan tegas bahwa kontribusi Jerman pada NATO telah cukup besar, baik secara finansial maupun personel pasukan.

“Saya amat suka bahwa hari ini kita bersatu dalam kebebasan Republik Federal Jerman. Sebab itu kita dapat menjelaskan bahwa kita dapat membikin keputusan strategi independen dan membikin keputusan independen. Itu amat cakep, terutama bagi orang-orang di Jerman timur,” ucap Merkel, seperti dikutip Sputnik pada Rabu (11/7).

“Jerman ialah penyedia pasukan terbesar kedua, bagian terbesar dari kesanggupan angkatan bersenjata kami ditawarkan terhadap NATO dan sampai hari ini kami mempunyai keterlibatan yang kuat di Afghanistan. Dalam hal itu kami juga membela kepentingan AS,” sambungnya. [ARN]



Source by Ahmad Zaini

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOMENTAR: Jika ada artikel yang salah, dll, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.