Iran Perkuat Pertahanannya Pasca Kucuran Biaya AS Kpd Zionis Israel Israel


Selasa, 27 September 2016

TEHRAN, ARRAHMAHNEWS.COM – Iran makin bertekad untuk memperkuat pertahanan sesudah perjanjian keamanan AS-Israel yang memberikan Israel sokongan $38 miliar selama 10 tahun. Ini ialah sokongan terbesar Amerika untuk Israel sejauh sejarah.

Dalam wawancara dengan televisi Iran, Jendral Mohammad Hossein Bagheri, kepala staff gabungan Iran, menjelaskan bahkan perjanjian AS-Israel itu ‘akan membikin kami makin bertekad untuk memperkuat power pertahanan negara ini’. Sedemikian katanya di sela-sela acara parade angkatan bersenjata tahunan, seperti diadukan Associated Press, Rabu lalu (21 September).

Pertengahan bulan ini Amerika dan Israel menyepakati perjanjian keamanan yang memberikan Israel $38 miliar dalam jangka waktu 10 tahun, atau $3,8 miliar per-tahun. Ini ialah sokongan keamanan terbesar Amerika yang diberikan kpd Israel.

Iran sendiri ialah musuh utama Israel, tak mengakui eksistensi negara zionis itu dan menyokong lawan-lawan Israel seperti Hamas dan Hezbollah. Iran bahkan aktif terlibat menggagalkan proyek zionis internasional dalam konflik Suriah.

Dalam parade angkatan bersenjata di kota pelabuhan Bandar Abbas di Teluk Parsia itu Iran menggelar senjata-senjata barunya, termasuk rudal Zulfighar yang diklaim mempunyai jangkauan sampai 750 kilometer dan sanggup membawa beberapa hululedak independen yang bergerak menjangkau sasaran sendiri.

Dalam parade itu Zulfiqar diangkut dengan kendaraan pengangkut yang membawa banner bertuliskan pernyataan pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei, bahwa Iran akan merudal kota Tel Aviv dan Haifa kalau Israel berani menyerbu Iran.

Media setengah resmi Iran yang dekat dengan Prajurit Pengawal Revolusi ‘Tasnim’ menyebutkan rudal tersebut ialah rudal ballistik dengan hulu ledak ‘cluster’. Tapi tak diberikan penjelasan lebih detil lagi. Sedangkan media Iran lainnya ISNA, menyebut bahwa rudal ini berdaya jangkau 700 kilometer.

Zulfiqar sendiri diambil dari nama pedang Nabi Muhammad S.A.W yang diberikan kpd sepupu dan menantunya Imam Ali bin Abu Thalib yang oleh para mengikut Shiah dinilai selaku Imam pertama pengganti Nabi Muhammad.

Parade angkatan bersenjata di Bandar Abbas dihelat saban tahun untuk memperingati Perang Iran-Irak tahun 1980-1988 yang mematikan lebih dari sejuta orang. Kala itu Irak yang dibantu oleh Amerika, Israel dan beberapa negara Arab, menyerbu Iran yang baru mengalami revolusi menumbangkan regim Shah Pahlevi yang pro Amerika, tahun 1979. Tahun sekarang ialah parade yang ke-36. [ARN]



Source link

Jasa Website Alhadiy

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :