Iran, Negara Asia Pertama yang Menang di Piala Dunia 2018

Iran, Negara Asia Pertama yang Menang di Piala Dunia 2018

Iran, Negara Asia Pertama yang Menang di Piala Dunia 2018

Tim Nasional Republik Islam Iran mengemas kemenangan 1-0 atas Maroko di laga perdana Grup B Piala Dunia 2018. Kemenangan tersebut bisa dikatakan dramatis karena tercipta pada menit kelima masa tambahan atau injury time dan melalui gol bunuh diri Aziz Bouhaddouz.

Bertanding di Krestovsky Stadium, Saint-Petersburg, Jumat (15/6/2018), Maroko sedianya tampil mendominasi atas Iran. Tim besutan Herve Renard banyak menciptakan peluang sepanjang pertandingan.

Seperti dilansir Sport Detik, peluang pertama tercipta di menit ketiga. Umpan tarik dilepaskan Younes Belhanda ke tengah, namun Hakim Ziyech yang sudah berdiri bebas di depan kotak penalti malah gagal menendangnya.

Di menit ke-19, lagi-lagi Maroko membuat Iran ketar-ketir. Sebuah kemelut diciptakan di depan kotak penalti, di mana Younes Belhanda dan Medhi Benatia gagal memasukkan bola ke dalam gawang lantaran masih bisa diblok pemain Iran.

Iran baru mendapat peluang bersih di menit ke-43. Sardar Azmoun melepaskan tendangan yang bisa ditepis Munir Mohand Mohamedi. Bola muntah kemudian dicocor Alireza Jahanbakhsh, tapi Munir kembali menepisnya. Hingga peluit tanda istirahat berbunyi, tidak ada gol tercipta. Maroko vs Iran masih 0-0. Di babak kedua, laga berjalan lebih sengit.

 

Iran yang bisa lebih banyak menekan di babak kedua, mendapat perlawanan keras dari Maroko. Beberapa kali friksi antarpemain dari kedua tim pun terlihat saat terjadi pelanggaran.

Memasuki menit akhir, laga kian sengit. Di menit ke-80, sundulan Romain Saiss memanfaatkan umpan Achraf Hakimi masih melebar. Sementara tak lama berselang, Alireza Jahanbakhsh harus ditarik keluar lantaran cedera. Iran sudah kehilangan dua pemainnya karena cedera, setelah sebelumnya Omid Ebrahimi juga diganti karena cedera.

Di masa injury time, tensi panas terjadi setelah terjadi pelanggaran yang melibatkan Karim Ansarifard serta Mbark Boussoufa. Ketegangan sampai merembet ke bench, di mana pelatih kedua tim yakni Carlos Queiroz dan Herve Renard saling berbicara.

Drama berlanjut menjelang laga tuntas. Iran secara mengejutkan unggul 1-0 lewat gol bunuh diri Aziz Bouhaddouz. Tendangan bebas Ehsan Haji Safi, setelah sebelumnya Sofyan Amrabat melanggar Saman Goddos, malah disundul masuk ke gawang sendiri.

Iran pun mengakhiri laga dengan kemenangan 1-0 atas Maroko. Tiga poin perdana diraih tim asuhan Carlos Queiroz di pentas Piala Dunia 2018. Hal itu merupakan kemenangan pertama Iran di Piala Dunia sejak 2018.

Terakhir kali Iran meraih kemenangan terjadi pada 21 Juni 1998. Ketika itu, mereka menang tipis 2-1 atas Amerika Serikat.

Setelah itu, Iran dua kali lolos ke Piala Dunia 2006 dan 2014. Mereka mengakhiri dua turnamen itu dengan catatan identik, sekali seri dan dua kali kalah.

Secara keseluruhan, Iran sudah tampil dalam 13 pertandingan dari empat penyelenggaraan Piala Dunia. Mereka mengoleksi dua kemenangan dan tiga kali seri, serta sisanya berakhir dengan kekalahan. (RA)

Source by Hakim Abdul

Jasa Website Alhadiy

You might like

About the Author: Hakim Abdul

KOLOM KOMENTAR ANDA :