Ini Waktu-Waktu yang Paling Afdhol untuk Membaca Al-Quran

Kiat Khatam Al-Quran di Sepuluh Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Ini Waktu-Waktu yang Paling Adhol untuk Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran ialah bagian dari ibadah. Bagian kelebihan Al-Quran ialah pahala yang akan didapatkan oleh pembacanya. Inilah bagian perbedaan Al-Quran dengan kitab-kitab atau buku-buku lain, termasuk hadis qudsi. Walaupun sama-sama firman Allah SWT, Al-Quran tak sama dengan hadis qudsi dalam hal pemberian pahala bagi pembacanya.Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar an-Nawawi menyebutkan waktu-waktu yang diutamakan membaca Al-Quran. Menurut Imam an-Nawawi, ada waktu-waktu tertentu yang disebut lebih utama untuk membaca Al-Qur’an.

Ke-1, waktu malam. Mulai dari tenggelamnya matahari sampai terbitnya fajar. Khususnya di paruh waktu malam, mulai jam 12 malam sampai terbit fajar. Ini disebut Imam an-Nawawi sebagai waktu yang paling afdhol. Adapun antara maghrib sampai isya disebut waktu yang dianjurkan (mahbubah)

Loading...
loading...
Ke-2, waktu siang. Adapun yang paling afdhol di waktu siang ini ialah sesudah shalat subuh. Menurut Imam an-Nawawi, tidak ada waktu yang dimakruhkan dalam membaca Al-Quran, walaupun di waktu-waktu yang dimakruhkan untuk shalat.Imam an-Nawawi membantah kaul Ibn Abi Daud dari Ma’an ibn Rifaat yang memakruhkan membaca Al-Quran sesudah shalat Ashar, disamakan dengan kemakruhan shalat sesudah shalat Ashar.

Untuk hari, diutamakan membaca Al-Quran pada hari jumat, senin, kamis, dan Arafah. Adapun untuk bulan yang diutamakan ialah sepuluh hari ke-1 bulan Dzulhijjah dan sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan disebut selaku bulan yang paling utama untuk membaca Al-Quran.

Beberapa waktu, hari dan bulan yang disebutkan di atas ialah waktu yang diutamakan untuk membaca Al-Qur’an, bukan artinya selain waktu tersebut dicegah membaca Al-Quran. Di manapun dan kapanpun tetap dianjurkan untuk membaca Al-Quran. Tidak cuma membaca, syukur-syukur mampu memahami isi dan kandungan ayat yang dibaca. Amin.

Wallahu A’lam.

Loading...

IslamiDotCo by Ahmad Naufal

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOLOM KOMENTAR ANDA :