Ini Rincian Komitmen Turki-Rusia Masalah Zona De-Aksi militer di Idlib

Ini Rincian Kesepakatan Turki-Rusia Soal Zona De-Militerisasi di Idlib
Loading...

Ini Rincian Komitmen Turki-Rusia Masalah Zona De-Aksi militer di Idlib

SURIAH – Serdadu Suriah akan dikerahkan ke Idlib pada akhir tahun sekarang sesudah penyelenggaraan 3 tahap perjanjian Sochi, sumber media memberitahukan pada hari Selasa.

Surat berita al-Watan mengutip sumber diplomatik Rusia yang menjelaskan bahwa perjanjian Rusia-Turki mengenai hal Idlib akan Dilakukan dalam 3 tahap, dan menambahkan bahwa tahap ke-1 akan mulai berlaku pada pertengahan Oktober untuk membikin zona bebas senjata 15 km dari kota Idlib.

Pada tahap ke-2 yang dipantau oleh Moskow dan Ankara, senjata berat akan dikumpulkan dari wilayah itu sampai 10 November dan para teroris wajib meninggalkan daerah sipil, dan menambahkan bahwa pada tahap ketiga yang berlangsung sampai akhir tahun sekarang, badan negara akan meneruskan operasi di Idlib.

Sumber-sumber menjelaskan bahwa kalau kelompok-kelompok teroris tidak menerima perjanjian ini, mereka akan dinilai selaku musuh oleh serdadu Turki dan akan diperangi.

Sementara itu, surat berita al-Akhbar menggarisbawahi bahwa perjanjian Rusia-Turki akan menciptakan tantangan baru di Idlib, dan menjelaskan Komitmen semacam itu tidak praktis sebab Turki Saat ini berhadapan dengan misi yang berlebihan sulit di mana sebelumnya sudah gagal.

Surat berita itu menambahkan bahwa meyakinkan kubu teroris, termasuk Tahrir al-Sham Hay’at atau Jabhat Al-Nusra, Turkistani, Horas al-Din dan Ansar al-Islam, yang sudah mendirikan pangkalan penting mereka di zona 15-km yang disebutkan sebelumnya untuk melucuti senjata dan berangkat, tidak akan mudah.

loading...

Para pemimpin Rusia dan Turki setuju untuk membangun zona de-militerisasi di provinsi Idlib, Suriah, dalam sebuah langkah yang seakan-akan melaksanakan operasi angkatan bersenjata yang terancam habis-habisan oleh Tentara pemerintah di benteng terakhir teroris.

Maklumat itu dibuat pada hari Senin selama konferensi pers di resor Laut Hitam Sochi, di mana Presiden Rusia Vladimir Putin jadi tuan rumah timpalannya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Berbicara bareng Erdogan, Putin menjelaskan zona seluas 15-20 km akan dibentuk pada 15 Oktober.

Ini artinya “penarikan seluruh elemen teroris” dari Idlib, termasuk Jabhat al-Nusra, kata Putin, mengacu pada Hay’at Tahrir al-Sham.

Putin menambahkan bahwa senjata berat akan ditarik dari seluruh Tentara oposisi pada 10 Oktober – sebuah pendekatan yang Disokong oleh Presiden Suriah Bashar al-Assad. [ARN]


Source by Ahmad Zaini

Loading...

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOLOM KOMENTAR ANDA :