Ini Isi Surat Trump yang Membatalkan Perjumpaan dengan Kim Jong-un

Ini Isi Surat Trump yang Membatalkan Perjumpaan dengan Kim Jong-un


loading…

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mengambil keputusan demi membatalkan pertemuannya dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Perjumpaan bersejarah itu sebenarnya bakal ditunaikan pada 12 Juni yang akan datang di Singapura.Keputusan Trump demi membatalkan perjumpaan itu dituangkan lewat sebuah surat yang ditujukan langsung terhadap Kim Jong-un. Berikut isi surat tersebut semirip dinukil dari The Guardian, Jumat (25/5/2018).

GEDUNG PUTIH
Washington
24 Mei 2018

Yang Mulia Kim Jong Un
Ketua Komisi Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea
Pyongyang

Yang Terhormat Saudara Pemimpin:

Kami amat menghargai waktu, kesabaran, dan usaha Anda sehubungan dengan negosiasi dan dialog kita baru-baru ini terkait dengan perjumpaan puncak yang telah lama diinginkan oleh kedua belah pihak, yang dijadwalkan berlangsung pada 12 Juni di Singapura. Kami diberitahu bahwa perjumpaan itu diminta oleh Korea Utara, tetapi itu bagi kami sama sekali tak relevan. Aku amat menantikan demi berada di sana berbarengan Anda. Sayangnya, berdasarkan kemarahan luar biasa dan permusuhan terbuka yang ditampilkan dalam pengumuman terbuka terbaru Anda, aku merasa waktunya tak tepat pada ketika ini demi menggelar perjumpaan yang sudah direncanakan selama ini. Oleh asbab itu, tolong biarkan surat ini berfungsi demi mengumumkan bahwa KTT Singapura, untuk kebaikan kedua belah pihak, tetapi merugikan dunia, tak bakal terjadi. Anda berbicara soal kesanggupan nuklir Anda, tetapi kesanggupan (nuklir) kami kayak gitu besar dan kuat sehingga aku berdoa terhadap Tuhan mereka tak bakal pernah dipakai.

Loading...
loading...

Aku merasakan dialog yang luar biasa sedang terbangun antara Anda dan aku, dan akhirnya, cuma dialog itulah yang penting. Suatu hari, aku amat menantikan demi berjumpa dengan Anda. Temporer itu, aku ingin mengucapkan terima kasih atas pembebasan para sandera yang sekarang tinggal di rumah berbarengan keluarga mereka. Itu ialah gerakan yang indah dan amat dihargai.

Kalau Anda berubah pikiran berhubungan dengan perjumpaan puncak yang paling penting ini, jangan ragu demi menelepon aku atau mecatat surat. Dunia, dan Korea Utara pada khususnya, sudah kehilangan kesempatan besar demi perdamaian abadi dan kemakmuran serta kekayaan yang besar. Kesempatan yang hilang ini ialah momen yang sungguh-sungguh menyedihkan dalam sejarah.

Hormat kami,

Donald J Trump
Presiden Amerika Serikat

(ian)

Ini Isi Surat Trump yang Membatalkan Perjumpaan dengan Kim Jong-un

Loading...

[Surce]

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

KOLOM KOMENTAR ANDA :