Ini Doa yang Disunnahkan Dibaca Waktu Sujud Syukur

Memahami Makna Sujud: kepala yang menjadi bagian paling istimewa

Ini Doa yang Disunnahkan Dibaca Waktu Sujud Syukur


Waktu diberi kebahagian dan kenikmatan dianjurkan untuk bersyukur ke Allah SWT. Ada beberapa cara untuk mensyukuri nikmat Tuhan tersebut, salah satunya dengan melaksanakan sujud syukur.

Pada waktu sujud syukur ada beberapa doa yang mampu dibaca. Di antaranya:

سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِه فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِين

“Sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa syaqqa sam’ahu wa basharahu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarakallahu  ahsanul khaliqin”

Artinya:

Saya sujudkan wajahku ke yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta.

Dalam riwayat lain dari Ibnu Abbas disunnahkan juga pada waktu itu membaca:

اللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي بِهَا عِنْدَكَ أَجْرًا، وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْرًا، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا، وَتَقَبَّلْهَا مِنِّي كَمَا تَقَبَّلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ

“Allahumma Uktub Li Biha ‘Indaka Ajran, wadha’ anni biha wizran, waj’alha li ‘indaka dzukhran, wa taqabbalha minni kaba taqabbaltaha min ‘abdika dawuda”

Artinya:

Ya Allah, Tetapkanlah pahala untukku disisi-Mu dengan bacaan ini dan gugurkanlah dosa-dosaku! Jadikanlah dia selaku tabunganku dan terimalah dia sebagaimana Engkau menerimanya dari hamba-Mu Daud (HR: al-Tirmidzi)

Selain sujud syukur selaku ekpresi dari rasa terima kasih kepada Allah SWT, yang paling penting lagi ialah mempergunakan nikmat dan harta yang diberikan untuk jalan kebaikan.

 

Source by Ahmad Naufal

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOMENTAR: Jika ada artikel yang salah, dll, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.