Jasa Web Alhadiy
Berita Indonesia

Ini Dalil Lagu Ya Lal Wathan Boleh Dilantunkan Saat Umrah

Iklan

Ini Dalil Lagu Ya Lal Wathan Boleh Dilantunkan Saat Umrah. Setelah viral video Jamaah Banser melantunkan Ya Lal Wathan (baca: Viral! Lagu Ya Lal Wathon Menggemma di Mekah, Netizen: Bolehkah Ya Lal Wathan Dibacakan saat Sai?) muncul polemik di media sosial.

Dalam sebuah grup WhatsApp terlibat diskusi intens, dan berikut dalil yang diambil dari Syarah Kitab Al-Yaqut An-Nafis yang memperbolehkan lagu dan syiir dilantunkan saat haji dan umroh.

 

Petikan dari Syarah Kitab Al-Yaqut An-Nafis:

Pengarang kitab ini telah mengulas tentang hal-hal yang makruh dalam haji dan umrah, penjelasan tentang rukun, yang wajib dan sunnah sudah dijelaskan sebelumnya, hingga sampai pada ulasan (Pengarang ini) yang ia berkata. dan tidak diperkenankan yang sedang naik haji berbicara terkait hal yang tidak ada manfaatnya, dan apakah diperbolehkan melantunkan lagu dan nasyid?

Para ulama berkata: diperbolehkan syiir yang tidak diharamkan/dilarang. Telah diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dalam Kitab Al-Adab Al-Mufrad terkait hadits dari Rasulullah Saw, beliau bersabda Syiir seperti perkataan, bila syiir baik maka seperti perkataan yang baik, dan buruknya syiir seperti buruknya perkataan.

Dan para ulama juga berpendapat: Sebagian Sahabat Rasulullah Saw berdendang saat haji, di antaranya Sayyidina Umat bin Khaththab Ra, namun bukan berarti orang yang naik haji bisa menghabiskan waktunya untuk berdendang dan syiiran, tapi saat mereka merasa dalam tekanan dan himpitan (psikologis) maka tidak lah berdosa (berdendang dan syiiran) untuk menghibur jiwa dengan penggalan lagu dan syiiran yang baik.

IklanJasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.