Inggris, Prancis, Jerman Desak Arab Saudi Beri Penjelasan atas Hilangnya Khashoggi

Inggris, Prancis, Jerman Desak Arab Saudi Beri Penjelasan atas Hilangnya Khashoggi

Inggris, Prancis, Jerman Desak Arab Saudi Beri Penjelasan atas Hilangnya Khashoggi

RIYADH – Inggris, Prancis dan Jerman mendesak Arab Saudi untuk memberikan tanggapan “rinci” mengenai hal hilangnya jurnalis anti-Riyadh Jamal Khashoggi, yang dipercayai sudah dibunuh di konsulat Saudi di kota Istanbul Turki.

Dalam sebuah pernyataan yang diumumkan pada hari Minggu (14/10), menteri luar negeri Inggris Jeremy Hunt serta rekan-rekannya dari Perancis dan Jerman, Jean-Yves Le Drian dan Heiko Maas, menjelaskan bahwa mereka ikut problem ini dengan “keseriusan yang paling serius.”

“Penting ada penyelidikan yang kredibel untuk menetapkan kebenaran mengenai hal apa yang terjadi, dan, kalau relevan, untuk mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab atas hilangnya Jamal Khashoggi, dan memastikan bahwa mereka wajib bertanggung jawab atas hal itu,” kata pernyataan tersebut.

“Kami mendukung usaha bareng Saudi-Turki dalam hal itu, dan mengharapkan Pemerintah Saudi untuk memberikan tanggapan yang komprehensif dan rinci. Kami sudah menyampaikan pesan ini secara langsung ke pemerintah Saudi,” kata 3 diplomat tersebut.

Loading...
loading...

Pada tanggal 2 Oktober, Khashoggi masuk konsulat Saudi di Istanbul untuk memperoleh dokumen yang diperlukan demi keperluan perkawinan dengan tunangan Turki-nya. Itu ialah terakhir kalinya Khashoggi kelihatan di depan umum.

Ada spekulasi luas, khususnya di kalangan para pejabat Turki, bahwa Khashoggi sudah dibunuh 15 orang Saudi yang mengikutinya ke konsulat dalam sebuah operasi yang secara langsung diperintahkan oleh Putra Mahkota Mohammad bin Salman.

Jasad awak media itu yang sudah dimutilasi juga diadukan sudah diterbangkan kembali ke Arab Saudi dalam 2 penerbangan. (ARN)


Arrahmah News
shared by Muhammad Najib

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *