Imam Ghozali Hujjatul Islam yang Dinilai Sesat

Imam Ghozali, Seorang Hujjatul Islam yang Dinilai Sesat Oleh Kaum Wahabi

Seluruh kitab fiqh yang kita baca sekarang asalnya dari kitab karangan Hujjatul Islam Imam Ghozali yaitu “AL BASITH”. Dari  Al Basith ini lahirlah kitab-kitab seperti ; Al Muhith, Bahrul Muhith, Mathlab Ali. Dan Imam Ghozali juga mengarang kitab lain lagi, yaitu AL WASITH, lantas AL WAJIZ. Dari Al Wajiz inilah pengembangan “Ilmu Fiqh Syafi’iyyah” diawali oleh para Ulama.
Lalu Imam Rofi’i melahirkan kitab Fathul Aziz, Imam lainnya juga ada, sepeti Ibriz dan Ta’jiz. Dan Fathul Aziz ini diringkas, lalu fathul aziz ini memperoleh gelar di kitab-kitab fiqh jadi “ASHLUR RAUDHAH, dan juga ada lagi ringkasan Fathul Aziz, yaitu Hawi Quzwaini. Lantas Imam Ghozali juga ada mengarang kitab fiqh: “Khulashah”, dan dari kitab ini Imam Rofi’i melahirkan kitab Muharrar, dan Muharrar ini ialah “ASHLUL MINHAJ”.
Dan pasti kalian seluruh tahu, yang mensyarahkan kitab “Minhaj” Imam Nawawi ini puluhan ulama, sampai kitab-kitab yang kita baca sekarang ialah ringkasan-ringkasan pandangan dari pensyarah Minhaj.  Jadi asal kitab Fiqh Syafi’iyyah yang kita temui sekarang ini asal puncaknya dari seluruh karangan Imam Ghozali, sebab itu beliau bergelar Hujjatul Islam. Bahkan ada ulama berpendapat, beliau ialah Sayyidul Mushannif Qutbul Ulum.
Ada lagi ulama yang menjelaskan bahwa kitab-kitab fiqh, tasawuf, tafsir dan lain-lain yang dikarang  ulama sesudah Imam Ghazali ialah puncaknya menjiplak karangan Imam Ghozali, tak ada satu kitab pun yang tidak ada nama Imam Ghozali, bahkan kitab Wahabi, sekalipun dalam kitab mereka mencela beliau, tapi kan tetap ada nama beliau disebut orang.

Diriwayatkan dari orang-orang yang pernah bermimpi jumpa Rasul Saw, bahwa Orang yang hendak berjumpa Rasulullah dalam kondisi bangun, maka ia wajib melewati 27.999 maqam, misalnya maqam syukur, shobar, hilm, pemurah, tho’at, hafizh, qori dan beberapa lagi maqam-maqamnya. Dan dalam kitab Ihya’ Ulumuddin  seluruh maqam ini disebutkan, tinggal kita amalkan seluruh isinya, maka kita akan dapat berjumpa Nabi Saw dalam mimpi maupun jaga (bangun), dan bahkan Imam ghozali dari kecil sampai  umur baligh telah melewati seluruh maqam ini, dan beliau dapat berjumpa langsug dengan Rasul Saw sewaktu bangun, sehingga beliau mulhaq bishshahabat dan boleh memarfu’-kan hadist langsug ke Rasulullah tanpa sanad.

Hadist apa pun yang datang dari Imam Ghozali semuanya shohih lizatihi

Ndak ada hukum mursal, tadlis, munkar, matruk, dhoif dalam seluruh riwayat Imam Ghazali. Pokoknya hadist apa pun yang datang dari beliau semuanya shohih lizatihi, sebab tiap-tiap detik Rasulullah Saw ada di samping beliau. Jikalau ada yang tak percaya dengan yang saya katakan, maka saya jamin di akhir hayat-nya dia akan mati suu’ul khatimah, dan akan menduduki neraka selamanya, tak akan memperoleh syafa’at tidak banyak pun.

Adapun para ulama mentakhrij hadist Ihya’ itu cuma sekedar zhohirnya saja, supaya supaya Allah menampakkan mana yang suka men-i’tirodh wali-NYA mana yang konsisten ke wali-NYA, dan para Imam itu mereka tak akan meng-i’tirodh Imam Ghozali. Sebab mereka juga tahu bahwa Imam Ghozali langsug mengambil hadist ke Rasulullah dalam kondisi bangun, tapi ini mesti disembunyikan supaya tak akan beberapa orang yang kualat dengan wali-NYA, sebab i’tirodh dengan hal ihwal Imam Ghozali. Wallohu a’lam….

Ustadz Mahmud ‘Awy’ Al Banjari ( aLa Kulli Haal )
Alamat Blog Penulis: http://ala-kullihall.blogspot.com/
Jasa Website Alhadiy

You might like

About the Author: admin

17 Comments

  1. ciri mahluk penganut faham wahabi adalah 1. Ngeyelan, 2. hatinya keras bagai batu 3. kupingya budek sulit kebenaran yg datang dr orang lain 4. hatinya mati terinveksi virus Wah 5. terjangkit penyakit merasa diri paling benar orla salah semua

  2. @sidogalanpoo@gmail.com
    Ini koment ente ane tulis lagi ya “ass ….: sesungguhnya imam ghozali telah bertaubat dari ilmu tasawuf,filsafat,dan ilmu sesat lainnya.itulah pendapat dari salafy.wass..sesuai ketab yang dipeluknya pada saat dia wafat..”

    Dari mana ente tahu tentang hal itu ????
    Apakah ente punya pengetahuan tentang yang gaib, karena mengetahui Imam al Ghazali bertobat ????

  3. sesungguhnya kebohongan besar kalo orang ahli tasawuf mengetahui dengan ilmu karomahnya bisa mengetahui yang ghoib .26. (Dia adalah Rabb) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu. (QS. 72:26)
    27. Kecuali kepada rasul yang diridhai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya. (QS. 72:27)

    1. @sidogalanpoo
      He..he.. ente banyak baca hadist dan riwayat.
      Sabda Rasulullah : Akan datang diakhir zaman suatu kaum yang membaca Al Qur’an tidak melewati kerongkongannya.
      Ente lihat disini, apakah Rasulullah tidak mengetahui hal yang Gaib, atau menurut ente Rasulullah tukang Ramal ???
      Coba yang ayat al Qur’an dan sunnah jangan ente artikan secara letterlux ya, bahaya buat ente, cari guru yang benar.

      Dari mana ente tau, bahwa Imam al Ghazali telah bertobat, apakah ente sudah mengetahu hal yang Gaib ????

      1. apakah ente gak baca ayat lanjutanya ?kecuali bagi nabi yang diridhoi
        mengenai akan Qur’an tidak melewati kerongkanganya itu adalah para kaum khowarij yng pemahamanya jauh dengan salafi.kalo menurut salafi sbagai manapun sesatnya orang melakukan bid’ah asal dia masih bertauhid dia masih diampuni oleh Alloh.tapi kalo pendapat para khowarij orang yang melakukan maksiat itu kafir.jadi jangan asal menuduh kapada salafi .jangan disamakan dengan para takfiri.saya juga masih menganggap ente sebagai saudara.

  4. ass ….: sesungguhnya imam ghozali telah bertaubat dari ilmu tasawuf,filsafat,dan ilmu sesat lainnya.itulah pendapat dari salafy.wass..sesuai ketab yang dipeluknya pada saat dia wafat..

    1. Imam Al Ghazali telah bertaubat dari ilmu tasawuf………. itulah pendapat dari salafy. komen terlucu yg pernah ditulis di blog ummati..! :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  5. afwan ikhwatul kirom, ana quote artikel di atas …Pokoknya hadist apa pun yang datang dari beliau semuanya shohih lizatihi…….. mohon penjelasan contoh dari Quran dan Sunnah maupun dari sahabat atau dari ulama kibar yang membolehkan kita mengatakan seperti tulisan artikel diatas.

  6. poknya komentar apapun aku tetap tidak akan percaya dg wahabi biar nulis artikel menuhi jagadpun wahabi tetap wahabi penipu umat islami
    GITU BRO
    TITELNYA APAPUN TIDAK AKAN PERNAH PERCAYA SAMA WAHABI

  7. Dunia Islam mestilah berterima kasih kepada Imam Al-Ghazali… Kalo wahabi ga tau terima kasih.. taunya cuma ibn taimiyah, ibn qoyyim, utsaimin, bin baz, abdul wahab, albani.

  8. habib Abdurrahman bil Faqih (MALANG) ketika membahas kitab bidayatul hidayah berkata:
    beliau Hujatatul Islam akan dibanggakan oleh sayidul wujud SAW dibandingkan dengan ummatnya nabi Musa AS/ nabi Musa AS dihadapan Allah SWT kelak.

    اللهم صلى على سيدنا محمد

  9. alhamdulillah, para Ulama Aswaja seperti Imam Ghozali, Imam Suyuthi, Sayyid Muhammad bin Allawiy Al Maliki Al Hasani dianugrahi bisa jumpa dg Nabi Saw dalam mimpinya dan jaganya. Alhamdulillah….

    Hanya Wahabi satu2nya kaum yg tidak bisa percaya dg anugrah besar tsb. Tak usah heran sebab Wahabi tdk kenal dg anugrah2 tsb.

  10. Tulisan yang bagus.. mangstab… akan lebih bagus lagi bila dilengkapi dg rujukan2 untuk membantu ikhwan2 mencari sumbernya..

    Ane jadi ingat pada ucapan al hafidz As-Suyuthi (he..he.. tp juga lupa kitab+halaman rujukanya), ketika mengomentari kejadian yg dialami imam al bushoiri pengarang burdah…”dan aku tidak mau memasuki rumah pejabat agar aku (as-suyuthi) tidak kehilangan anugrah berjumpa dengan rasul dalam keadaan terjaga(tidak tidur). Hal ini penting bagiku untuk menanyakan tentang kesahihan sebuah hadist apabila ada persoalan dg sanadnya”..

  11. Dengan dipostingnya artikel di atas, teman-teman Wahabi yang telah dengan “keberanian luar biasa” menganggap sesat Hujjatul Islam Imam Ghozali, semoga teman-teman Wahabi mampu merenungkannya sehingga menjadi sadar dan kembali ke jalan yang benar, amin…..

    Semoga teman-teman Wahabi menyadari telah menjadi korban tipu-daya para ulama suu’ yang menjadi narasumber keilmuan di sekte Wahabi….

KOLOM KOMENTAR ANDA :