Home / Berita AS / Idul Fitri Jadi Hari Libur di New York – Amerika Serikat

Idul Fitri Jadi Hari Libur di New York – Amerika Serikat

Libur Saat Idul Fitri, Inilah Alasan Wali Kota New York

Berita AS – Muslim AS – Pada awal tahun ajaran 2015/2016, seluruh sekolah umum di New York akan diliburkan mulai tanggal 25 September 2015 mendatang. Beberapa alasan melatarbelakangi keputusan sang wali kota Bill de Blasio dan Kanselir Pendidikan New York Carmen Fariña yang mengumumkannya pada Rabu (4/3) kemarin.

“Ratusan keluarga Muslim disini tak bisa menikmati suasana hari suci tersebut karena tidak libur. Ini harus diubah untuk menghormati komunitas Muslim yang berkembang dan berkontribusi bagi kota ini,”cetus De Blasio dikutip dari breitbart.com, Kamis (5/3).

Berdasarkan surat edaran dari Departemen Pendidikan New York City, kalender pendidikan di semua distrik akan mencantumkan dua masa libur hari raya umat Islam, yakni Idul Fitri dan Idul Adha. De Blasio menegaskan bahwa cara ini mencerminkan kehasan kekuatan di antara perbedaan masyarakat New York City.

Bill de Blasio, Wali Hari Libur Idul fitri Kota New York – Amerika Serikat – Foto www.dailykos.com

De Blasio dan Fariña juga mempertimbangkan perubahan kalender pendidikan berdasarkan data bahwa 36 persen pelajar absen dari kelas bertepatan dengan masa perayaan Idul Adha.

“Penambahan libur baru ini akan membuat suasana pengajaran pada siswa tentang toleransi antarumat beragama dan kontribusi sosial tentang budaya yang berbeda,” tegas Fariña.

Ia menambahkan bahwa sekolah di area mayoritas Nasrani seperti Vermont, Massachusetts, dan New Jersey juga akan libur di masa perayaan hari raya umat Islam tersebut.

 

Idul Fitri Jadi Hari Libur di New York Dapat Dukungan Lintas Agama

Berita Amerika serikat – NEW YORK – Imam Besar Kota New York Ustaz Shamsi Ali mengatakan perjuangan agar hari raya Idul Fitri dan Idhul Adha menjadi hari libur resmi tidak hanya dilakukan komunitas Muslim saja. Dukungan juga datang dari pemeluk agama lain.

Samsi menyatakan kalau dukungan diperoleh berkat adanya dialog intens antarlintas agama. Dari situ, kata dia, timbul rasa simpati dari pemeluk agama lain terhadap perjuangan ini.

“Mereka yang tergabung dalam gerakan ini yakni mulai dari yang beragam Hindu, Budha, Kristen bahkan juga dari ateis,” ujar Ustaz Shamsi melalui pesan singkat kepada ROL, Rabu (4/3).

Seperti diberitakan sebelumnya, Ustaz Samsi mengabarkan, penetapan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari libur di Kota New York diresmikan Rabu (4/3) pukul 10 waktu setempat.

Shamsi menyatakan kebijakan ini langsung diumumkan Wali Kota New York Bill de Blasio di di sebuah sekolah di Brooklyn.

De Blasio, seperti dilansir laman New York Post, juga sempat menyampaikan kabar gembira ini melalui akun twitter pribadinya.

“Hari ini kami mengumumkan penambahan Idul Adha & Idul Fitri ke jadwal libur @NYCSchools, sebuah perubahan yang menghormati perbedaan di kota kita,” ungkap de Blassio dalam akun @BilldeBlasio.

Idul Fitri Jadi Hari Libur di New York, Butuh 10 Tahun Perjuangan

Amerika serikat – Imam Besar Kota New York Ustaz Shamsi Ali mengungkapkan perjuangan untuk menetapkan hari raya Idul Fitri dan Idhul Adha sebagai hari libur resmi di kotanya tidak mudah. Setidaknya butuh waktu 10 tahun untuk menggolkan kebijakan tersebut.

Shamsi menceritakan, perjuangan digagas komunitas Muslim bersama dengan pemeluk agama lain di sana. Awalnya , kata dia, desakan ini bentuknya RUU dan ditujukan kepada Parlemen Kota New York.  Pada tahun 2011, RUU ini akhirnya berhasil lolos.

Namun wali kota New York saat itu, Michel Bloomberg belum berkenan menandatangai kebijakan itu. “Ini karena ada tekanan dari pihak tertentu,” ujar Shamsi melalui pesan singkat kepada ROL, Rabu (4/3).

Seperti diberitakan sebelumnya, Ustaz Samsi Ali mengabarkan, penetapan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari libur di Kota New York diresmikan Rabu (4/3) pukul 10 waktu setempat.

Kebijakan ini langsung diumumkan Wali Kota New York Bill de Blasio di sebuah sekolah di Brooklyn. De Blasio, seperti dilansir laman New York Post, menyampaikan juga informasi ini melalui akun twitter pribadinya.  (al/republika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Militer AS Bukan Lagi yang Terbaik di Dunia

Ada Yang Mengatakan bahwa Militer AS kini bukan lagi yang terbaik di dunia. Sebelum ini ...