Home / Pendidikan / Idul Adha Kaum Perkotaan: Memupuk Jiwa Sosial Anak-anak

Idul Adha Kaum Perkotaan: Memupuk Jiwa Sosial Anak-anak

Memotong Hewan Qurban di Rumah, Memupuk Jiwa Sosial Anak-anak dan Rela Berkurban

Semoga hal ini menjadi pacuan dari derap reliji kaum perkotaan yang dapat segera menular ke sekelilingnya.

Islam-institute.com, Kaum Perkotaan – Menarik untuk diperhatikan dalam event Idul Adha kali ini, khususnya di wilayah perkotaan yang mana banyak keluarga yang menyembelih hewan qurban di rumah dan membagikan langsung ke masyarakat sekitarnya.

Lupakan sejenak akan adanya potensi bahwa akan terjadi tumpang tindih penerima daging qurban, karena bisa jadi satu keluarga menerima lebih dari satu dan tidak merata.

Namun, apabila diperhatikan lebih detail, para keluarga yang menyelenggarakan penyembelian hewan qurban di rumahnya, ternyata memiliki tujuan yang lain, yaitu mulai memperkenalkan anak-anaknya untuk memiliki kepedulian sosial, bahkan memiliki kemandirian untuk turut terlibat dalam kegiatan sosial.

Para keluarga tersebut yang pada umumnya adalah dari keluarga kelas menengah di perkotaan itu menyembelih hewan dibantu oleh jagal hewan sampai dengan proses pengkulitan oleh jagal dan kru-nya, namun ketika mulai sesi pembagian kupon, pembungkusan daging, dan pembagian bungkusan daging, anak-anak dari para keluarga yang masih remaja bahkan anak-anak itu diminta menjadi bagian panitia, walaupun di sana-sini masih dibantu keluarganya yang lebih senior.

Sebagai contoh, keluarga pak Piet di Bandung ini, niatannya adalah menanamkan jiwa sosial dan rela berkurban sedini mungkin kepada anak-anaknya, tentu tidak terlepas dengan niatan ibadah yang sebenarnya.

Sebuah upaya yang dapat diacungi jempol di tengah kondisi masyarakat yang cenderung egois dan tidak peduli dengan sekitarnya. Semoga hal ini menjadi pacuan dari derap reliji kaum perkotaan yang dapat segera menular ke sekelilingnya. (al/moslemforall/Penulis: Cak Usma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Fredy Chandra Ajak 65 Guru Wisata ke Luar Negeri

Fredy Chandra ajak 65 gurunya wisata ke luar negeri. Dialah… murid yang menghadiahi para gurunya ...