Hitungan total Anggota milisi ISIS Asal Indonesia Terbesar Kedua

Waspadalah wahai rakyat Indonesia, Hitungan total Anggota milisi ISIS Asal Indonesia terbesar di bawah anggota milisi ISIS asal Rusia. Informasi terkait hitungan total anggota milisi ISIS asal Indonesia yang ditangkap di Turki ternyata berada di urutan kedua terbesar dari hitungan total anggota milisi asing di ISIS. Sedangkan anggota milisi asing ISIS asal Rusia tercatat yang terbesar jumlahnya.
Data hitungan total itu berasal dari statistik Kementerian Dalam Negeri Turki yang direspons sejumlah analis. Akan tetapi, data itu nggak secara terang menyebutkan periode berapa penangkapan para anggota milisi asing tersebut. Perlu diingat bahwa di awal-awal konflik kontra teroris di Suriah, penduduk Arab Saudi menduduki hitungan total terbesar anggota milisi asing di Suriah.
Sedangkan dari 4.957 anggota milisi asing kubu ISIS atau Islamic State (khilafah) yang ditangkap di Turki, Rusia menduduki hitungan total urutan teratas dengan 804 orang. Adapun anggota milisi ISIS asal Indonesia di urutan kedua dengan 435 miltan asing yang ditangkap di Turki.
Nggak jelasnya periode penangkapan dalam daftar stastik Turki itu akan membingungkan. Terutama bagi Indonesia yang berkepentingan menjaga keamanan wilayahnya dari para eks anggota milisi ISIS yang kemungkinan pulang dari Irak dan Suriah.

Hitungan total anggota milisi ISIS asal Indonesia dalam Periode penangkapan tahun 2015 sampai sekarang?

Olivier Guitta, CEO GlobalStrat, sebuah firma konsultasi risiko dan keamanan geopolitik, menjelaskan bahwa statistik dari Kementerian Dalam Negeri Turki tersebut memang nggak menyebutkan periode penahanan yang terang. Tetapi, dia meyakini data itu merupakan periode penangkapan tahun 2015 sampai sekarang.
Guitta dalam penjelasan di Twitter menjelaskan, data itu amat penting bagi keamanan Indonesia.
”Hitungan total orang Indonesia yang masuk ISIS, yang ditangkap di Turki sungguh-sungguh membingungkan dan mengejutkan sebab mereka ialah nomor 2,” katanya, Jumat (14/7/2017).
Analis terorisme Sidney Jones, dari Institut Analisis Keputusan strategi Konflik yang berbasis di Jakarta, menjelaskan bahwa sejumlah besar orang Indonesia yang ditangkap di Turki mungkin dikarenakan fakta bahwa beberapa wanita dan bocah-bocah yang ditangkap sesudah berangkat bersama-sama keluarga mereka ke Suriah.
”Dalam 3 kubu pertama yang dideportasi (ke Indonesia) pada 2017, dari total 137 individu, 79,2 % ialah perempuan dan bocah-bocah di bawah usia 15 tahun,” kata Sidney, yang dikutip news.com.au.
”Bila Anda menjelaskan citra ‘jihadis’ ialah bagian petempur lelaki tapi beberapa orang Indonesia berangkat bersama-sama keluarga dengan maksud salah arah untuk membawa bocah-bocah mereka ke wilayah ISIS,” lanjut Sidney.
”Unit keluarga artinya orang wajib melaksanakan perjalanan dalam unit yang lebih besar sehingga meningkatkan kemungkinan tertangkap,” papar Sidney.

Kenapa hitungan total anggota milisi ISIS asal Indonesia yang ditangkap di Turki begitu besar?

Dari berita yang beredar, Indonesia ternyata menduduki peringkat kedua di dunia dalam daftar hitungan total anggota milisi ISIS asal negara asing yang ditangkap di Turki. Peringkat pertama ialah anggota milisi ISIS asal Rusia.
 
Kenapa hitungan total anggota milisi ISIS asal Indonesia begitu besar jumlahnya? Menurut analis terorisme Sidney Jones seperti dilansir News.com.au, banyaknya hitungan total penduduk Indonesia yang ditangkap di Turki? Mungkin dikarenakan oleh fakta bahwa beberapa perempuan dan bocah-bocah yang ditangkap sesudah berangkat ke Suriah bersama-sama keluarga mereka.
“Waktu Anda menjelaskan ‘jihadis’, imej Anda ialah bagian petempur lelaki. Akan tetapi beberapa penduduk Indonesia yang berangkat bersama-sama keluarga dengan maksud yang salah arah. Ialah membesarkan bocah-bocah mereka di negara yang murni Islamnya,” tutur Jones.

Tajikistan, Irak dan Prancis menduduki urutan 3, empat dan lima

Dalam daftar penangkapan anggota milisi asing ISIS di Turki tersebut, Tajikistan, Irak dan Prancis berada di nomor 3, empat dan lima.
Yang membikin heran, Australia nggak masuk dalam daftar statistik Turki. Walaupun kenyataannya para anggota milisi asal Australia yang bertempur di Suriah dan Irak juga beberapa berasal dari negara kanguru tersebut.
 
Source
sumber

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :