Hasil Riset, Minum Kopi Bisa Melindungi Kesehatan Jantung

Hasil Riset, Minum Kopi Bisa Melindungi Kesehatan Jantung

Hasil Riset Terkini, Minum Kopi Bisa Melindungi Kesehatan Jantung, Terhindar Stroke.

MINUM tiga cangkir kopi sehari, bakal melindungi kesehatan jantung Anda, minum enam cangkir juga sesungguhnya masih aman, seperti ini pernyataan seorang ahli jantung.

Sebuah studi baru-baru ini di American College of Cardiology soal pendapatan bahwa efek stimulan kafein berbahaya bagi kesehatan jantung.

Minum tiga cangkir kopi sehari tak bakal membahayakan jantung Anda, dan bahkan bisa mengurangi risiko ritme jantung Anda yang tak normal, seperti ini hasil riset terbaru itu menyebutkan.

Minum kopi sebagai gaya hidup insan dewasa ini, muncul kontroversi risiko kesehatan. Tetapi menurut hasil riset baru-baru ini minum tiga cangkir kopi tiap hari bakal menjaga kesehatan jantung Anda. (earth.com)

Hasil Riset, Minum Kopi Bisa Melindungi Kesehatan Jantung

Para dokter sudah lama mengingatkan bahwa konsumsi kafein bisa jadi berbahaya bagi mereka dengan tekanan darah tinggi pada jantung, sebab bakal memompa lebih keras dan keluar lebih cepat.

Tapi, studi baru dari American College of Cardiology menemukan bahwa minum tiga cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko palpitasi sampai 13 %, mengurangi risiko serangan jantung atau stroke secara bergantian – tetapi minuman energi berkafein masih menimbulkan risiko.

Minuman kopi memang masih tetap kontroversial —tiga bulan lalu penelitian di California menyatakan kopi bersifat karsinogen— tetapi studi terbaru ini menunjukkan bahwa minum sampai enam cangkir sehari masih aman bagi kesehatan, dan manfaat kesehatannya lebih besar daripada risikonya.

Minum tiga cangkir kopi saban hari terkait dengan risiko 13 % lebih rendah dari problem irama jantung yang umum yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke dalam studi luas baru.

Sebuah pemeriksaan terhadap lebih dari 340.000 orang menemukan bukti bahwa secara umum teh dan kopi bisa melindungi terhadap gangguan irama jantung.

Antioksidan sehat dalam kafein bisa jadi berada di belakang fenomena itu, kata ahli jantung Dr Peter Kistler, yang memimpin penelitian baru dan merupakan direktur Rumah Sakit Alfred dan Baker Heart and Diabetes Institute.

Secara historis, telah umum diasumsikan bahwa efek stimulan kafein dalam kopi bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat – berpotensi menyebabkan penyakit.

“Ada persepsi publik – sering berdasarkan pengalaman anekdotal – bahwa kafein ialah pemicu akut umum untuk problem irama jantung,” kata Dr Kistler.

“Peninjauan kami yang ekstensif terhadap literatur medis menunjukkan bahwa ini bukan masalahnya.” Hasil riset timnya menunjukkan bahwa kafein terlindungi dari fibrilasi atrium (AF) dan aritmia ventrikel (VA).

Dr Kistler menjelaskan bahwa kafein memblokir sebuah molekul yang memicu AF (fibrilasi atrium) problem detak jantung yang paling umum yang bisa berkembang menjadi gagal jantung.

Gangguan aritmia mempengaruhi antara 2,7 dan 6,1 juta orang di AS. AF, jantung memompa darah kurang efisien di sekitar tubuh sebab berkontraksi dan santai tak teratur atau terlalu cepat.

Loading...
loading...

Ini berarti bahwa darah tak mempunyai kesempatan untuk mengisi ruang jantung secara benar, di mana otot harus lancar dan secara merata mendorongnya menuju seluruh tubuh.

Ini pun bisa menyebabkan darah untuk cadangan di pembuluh darah dan paru-paru menjadi macet dengan cairan. Faktor-faktor ini bersama-sama berpotensi menyebabkan gumpalan penyebab stroke.

Sedangkan VA (arimia ventrikal) menembakkan impuls yang tidak teratur dan tak teratur dari ventrikel organ dan merupakan penyebab paling umum kematian jantung mendadak.

Eks Perdana Menteri Inggris Tony Blair berhasil dirawat sebab AF, saat dia menjadi perdana menteri. Dia menyalahkan menderita problem jantung, diduga akibat terlalu banyak kopi selama mengikuti konferensi Uni Eropa dan dokter menyarankan dia untuk mengurangi konsumi kopi.

Dengan hasil penelitian Dr Kistler dan rekan-rekannya itu menunjukkan bahwa aidgonosis dokter terhadap Perdana Menteri Blair bisa jadi salah, bisa jadi juga kopi tak ada hubungannya dengan itu.

Minum tiga cangkir kopi sehari bisa membantu Anda hidup lebih lama, seperti ini temuan penelitian.

Minum empat cangkir kopi sehari mengatasi hampir separuh risiko kanker mulut yang mematikan.

Penelitian menemukan bahwa mereka yang minum secangkir kopi satu jam sebelum berolahraga bisa berlatih lebih lama.

Kopi membantu Anda menurunkan berat badan sebab mengandung berbagai zat yang bisa memengaruhi metabolisme Anda. Ini ialah obat penghilang rasa sakit alami, terutama espresso.

Ini membantu sakit kepala.

Kombinasi aspirin dan kafein untuk menghilangkan rasa sakit lebih bagus daripada aspirin saja. Penelitian sudah menunjukkan bahwa minum kopi bisa membantu mengurangi penurunan kognitif dan demensia.

Aritmia ialah irama jantung yang abnormal

Minum lebih banyak kopi bisa membantu stave dari kanker hati, sebuah studi menemukan Para penulis penelitian mengakui bahwa beberapa dokter menyarankan pasien dengan AF atau VAS untuk menghindari kopi, teh dan minuman berkafein lainnya.

Tapi ulasan mereka yang dipublikasikan di JACC: Medical Electrophysiology menjelaskan bahwa kopi dan teh aman dan bisa menghidarkan frekuensi detak jantung tak teratur. Para peneliti menemukan beberapa penelitian yang menyelidiki hubungan ini secara konsisten menunjukkan penurunan AF dengan peningkatan konsumsi kafein.

Data dari 115.993 menunjukkan penurunan 13 % dalam risiko di antara peminum kopi biasa. analisis dari 228.465 peserta menemukan frekuensi AF turun sebesar 6 % pada mereka dengan asupan kafein yang lebih tinggi.

Kistler menjelaskan aritmia ialah irama jantung yang abnormal yang menyebabkan organ berdetak berlebihan cepat, lambat atau tak merata. Beberapa bisa jadi tak berbahaya atau bahkan tak terdeteksi di pasien, tetapi yang lain bisa meningkatkan risiko serbuan jantung tiba-tiba atau stroke.

Dr Kistler menjelaskan secangkir kopi mengandung berkisar 95 mg kafein bisa sebagai stimulan menuju sistem saraf pusat. sesudah kafein itu berada dalam tubuh, maka memblokir efek adenosin, zat kimia yang bisa menyebabkan AF.

Hasil penelitian kelompok ini pun menentukan kafein meningkatkan VA. Sampai 500mg saban hari – setara dengan enam cangkir kopi – tak menaikkan tingkat keparahan pada pasien. Bahkan, studi dari 103 pasien penderita serangan jantung yang dipilih secara acak untuk menerima rata-rata 353mg per hari — hampir empat cangkir– ternyata memiliki detak jantung yang lebih bagus dan tak ada gangguan signifikan. (dailymail.co.uk/ps).

Loading...

Artikel ini sudah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Hasil Riset Terbaru Minum Kopi Tiga Cangkir Sehari Bisa Melindungi dari Stroke.
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno

loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :