Hariri Didukung Jadi Perdana Menteri Lagi

Hariri Didukung Jadi Perdana Menteri Lagi


loading…

BEIRUT – Saad al-Hariri diperkirakan sebagai perdana menteri (PM) Lebanon lagi demi ketiga kali sesudah meraih supporting kebanyakan anggota parlemen ketika sesi konsultasi kemarin.Dia diperkirakan meluncurkan negosiasi demi pemerintahan gabungan. Posisi PM diberikan demi Muslim Sunni di Lebanon yang menerapkan sistem pembagian kekuasaan sektarian. Hariri yang didukung Barat itu diunggulkan selaku pemimpin negara itu meski partainya kehilangan lebih dari sepertiga kursi parlemen pada pemilu 6 Mei.

Presiden Lebanon Michel Aoun menggelar konsultasi resmi dengan anggota parlemen yang menggelar rapat terpisah dengan dia kemarin. Perjumpaan itu bakal berlanjut sampai siang.

Aoun wajib mengusulkan kandidat dengan supporting terbear. Pemerintahan gabungan baru diperkirakan mencerminkan menguatnya posisi politik kubu Hezbollah dan aliansinya sesudah meraih sedikitnya 70 kursi dari total 128 kursi di parlemen.

walaupun Hariri memperoleh supporting besar, anggota parlemen Hezbollah bukan menuding calon lain demi posisi itu. Kepala faksi Hizbullah Mohammed Raad menerangkan, pihaknya bekerja sama positif dengan siapa juga yang sudah ditunjuk. Pengumuman terbuka Raad itu muncul sesudah berjumpa Aoun.

Loading...
loading...

Seluruhnya pemimpin Lebanon sudah menyerukan pembentukan pemerintahan baru dengan cepat demi memulihkan kembali perekonomian dan mengatasi utang publik. Sepertikan kabinet yang sebelumnya, pemerintahan baru wajib menyeimbangkan keperluan seluruhnya partai di Lebanon dan bisa jadi memerlukan waktu.

Hizbullah ingin mempertahankan 3 kursi kabinet dalam pemerintahan gabungan baru, bertambah dari dua posisi menteri yang dipegang pada kabinet sebelumnya yang terdiri atas 30 menteri. (Syarifudin)

 

(nfl)

Hariri Didukung Jadi Perdana Menteri Lagi

Loading...

[Surce]

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

KOLOM KOMENTAR ANDA :