Gus Nadir: Cara Duduk yang Dipersoalkan

Gus Nadir: Cara Duduk yang Dipersoalkan

Gus Nadirsyah Hosen

Aku memperoleh pertanyaan yang menanyakan 3 gambar yang viral beredar soal cara duduk yang dicegah Nabi Muhammad SAW.

Bagaimana sejatinya status hadits dan konsekuensi hukumnya? Perlu aku tegaskan bahwa tak seluruh kalimat larangan dari Nabi itu bermakna haram, dapat pun dipahami ulama selaku makruh. Kayak gitu pun tak seluruh larangan dari Nabi itu masuk dalam bab โ€œhukumโ€, dapat jadii ia masuk dalam bab โ€œadabโ€ atau etika.

Nah, menyebarkan meme atau gambar dengan mengutip cuplikan hadits, tanpa menyertakan komentar atau syarah dari para ulama itu dapat berbahaya, apalagi dipakai guna menyalah-nyalahkan orang lain yang tak sama pemahamannya.

Mari kita simak ๐Ÿ™

Hadits gambar pertama

Sunan at-Tirmidzi (HN 472)

โ€Žูคูงูข โ€“ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจู’ู†ู ุญูู…ูŽูŠู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุงุฒููŠู‘ู ูˆูŽุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุจู’ู†ู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุงู„ุฏู‘ููˆุฑููŠู‘ู ู‚ูŽุงู„ูŽุง ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูู‚ู’ุฑูุฆู ุนูŽู†ู’ ุณูŽุนููŠุฏู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุฃูŽูŠู‘ููˆุจูŽ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ููŠ ุฃูŽุจููˆ ู…ูŽุฑู’ุญููˆู…ู ุนูŽู†ู’ ุณูŽู‡ู’ู„ู ุจู’ู†ู ู…ูุนูŽุงุฐู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู‡ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู†ูŽู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุญูุจู’ูˆูŽุฉูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ูŠูŽุฎู’ุทูุจู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุนููŠุณูŽู‰ ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ุญูŽุฏููŠุซูŒ ุญูŽุณูŽู†ูŒ ูˆูŽุฃูŽุจููˆ ู…ูŽุฑู’ุญููˆู…ู ุงุณู’ู…ูู‡ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู…ู ุจู’ู†ู ู…ูŽูŠู’ู…ููˆู†ู ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽุฑูู‡ูŽ ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ุงู„ู’ุญูุจู’ูˆูŽุฉูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ูŠูŽุฎู’ุทูุจู ูˆูŽุฑูŽุฎู‘ูŽุตูŽ ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ูˆูŽุจูู‡ู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู ูˆูŽุฅูุณู’ุญูŽู‚ู ู„ูŽุง ูŠูŽุฑูŽูŠูŽุงู†ู ุจูุงู„ู’ุญูุจู’ูˆูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ูŠูŽุฎู’ุทูุจู ุจูŽุฃู’ุณู‹ุง

472. Sudah menceritakan terhadap kami Muhammad bin Humaid Ar Razi dan Abbas bin Muhammad Ad Duri keduanya berkata, sudah menceritakan terhadap kami Abu Abdurrahman Al Muqriโ€™ dari Saโ€™id bin Abu Ayyub sudah menceritakan kepadaku Abu Marhum dari Sahl bin Muโ€™adz dari ayahnya bahwasannya Nabi Shallahu โ€˜alaihi wa sallam mencegah dari duduk ihbaโ€™ (duduk dengan menaruh kedua lutut didada) pada hari (khutbah) Jumโ€™at, sewaktu imam berkhutbah. Abu Isa berkata, ini ialah hadits hasan, namanya Abu Marhum ialah โ€˜Abdur Rahim bin Maimun, sebagian kaum dari ahli ilmu tidak suka duduk ihabโ€™ pada hari (khutbah) jumโ€™at, sewaktu imam berkhutbah, dan sebagian yang lain memberi keringanan (rukhsah) dalam urusan itu, diantaranya ialah Abdullah bin Umar dan yang lain, Ahmad dan Ishaq berkata, bahwa keduanya tak sependapat dengan duduk ihtibaโ€™ pada waktu imam sedang berkhutbah.

Gambar pertama yg duduk memeluk lutut itu haditsnya hasan, tidak sahih. Hukum memeluk lutut ketika imam khutbah jumat itu makruh menurut sebagian ulama, tetapi Abdullah bin Umar memberi keringanan (rukhsah) dan membolehkannya. Keterangan ini dituliskan sendiri dalam Sunan at-Tirmidzi yang meriwayatkan hadits ini. Tak seluruh yang Nabi larang itu hukumnya sebagai haram, dapat saja cuma makruh.

Bahkan dalam Sunan Abi Daud dijelaskan pula bahwa para sahabat Nabi beberapa yg melaksanakan duduk ihtibaโ€™ (memeluk lutut), sehingga Abu Daud sendiri menjelaskan; โ€œbelum sampai kepadaku bahwa ada seorang yg memakruhkannya kecuali Ubadah bin Nusayโ€

Sunan Abi Daud (HN 937)

โ€Žูฉูฃูง โ€“ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฏูŽุงูˆูุฏู ุจู’ู†ู ุฑูุดูŽูŠู’ุฏู ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฎูŽุงู„ูุฏู ุจู’ู†ู ุญูŽูŠู‘ูŽุงู†ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽู‚ู‘ููŠู‘ู ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุณูู„ูŽูŠู’ู…ูŽุงู†ู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ุงู„ุฒูู‘ุจู’ุฑูู‚ูŽุงู†ู ุนูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู‰ ุจู’ู†ู ุดูŽุฏู‘ูŽุงุฏู ุจู’ู†ู ุฃูŽูˆู’ุณู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุดูŽู‡ูุฏู’ุชู ู…ูŽุนูŽ ู…ูุนูŽุงูˆููŠูŽุฉูŽ ุจูŽูŠู’ุชูŽ ุงู„ู’ู…ูŽู‚ู’ุฏูุณู ููŽุฌูŽู…ู‘ูŽุนูŽ ุจูู†ูŽุง ููŽู†ูŽุธูŽุฑู’ุชู ููŽุฅูุฐูŽุง ุฌูู„ู‘ู ู…ูŽู†ู’ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูู‡ูู…ู’ ู…ูุญู’ุชูŽุจููŠู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ูŠูŽุฎู’ุทูุจู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุฏูŽุงูˆูุฏ ูƒูŽุงู†ูŽ ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ูŠูŽุญู’ุชูŽุจููŠ ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ูŠูŽุฎู’ุทูุจู ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ูˆูŽุดูุฑูŽูŠู’ุญูŒ ูˆูŽุตูŽุนู’ุตูŽุนูŽุฉู ุจู’ู†ู ุตููˆุญูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุณูŽุนููŠุฏู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูุณูŽูŠู‘ูŽุจู ูˆูŽุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ู ุงู„ู†ู‘ูŽุฎูŽุนููŠู‘ู ูˆูŽู…ูŽูƒู’ุญููˆู„ูŒ ูˆูŽุฅูุณู’ู…ูŽุนููŠู„ู ุจู’ู†ู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจู’ู†ู ุณูŽุนู’ุฏู ูˆูŽู†ูุนูŽูŠู’ู…ู ุจู’ู†ู ุณูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุจูู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุฏูŽุงูˆูุฏ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุจู’ู„ูุบู’ู†ููŠ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏู‹ุง ูƒูŽุฑูู‡ูŽู‡ูŽุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุนูุจูŽุงุฏูŽุฉูŽ ุจู’ู†ูŽ ู†ูุณูŽูŠู‘ู

937. Sudah menceritakan terhadap kami Daud bin Rusyaid sudah menceritakan terhadap kami Khalid bin Hayyan Ar Raqqi sudah menceritakan terhadap kami Sulaiman bin Abdullah bin Az Zibriqan dari Yaโ€™la bin Syaddad bin Aus dia berkata; โ€œSaya bareng Muawiyah menyaksikan penaklukan Baitul Maqdis, lalu dia melakukan shalat jumโ€™at bersamanya, maka saya menyaksikan kebanyakan jamaโ€™ah yang ada di masjid ialah para sahabat Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam, saya menyaksikan mereka duduk bertekuk lutut saat imam sedang berkhutbah.โ€ Abu Daud berkata; โ€ Ibnu Umar pun duduk bertekuk lutut sementara imam sedang berkhutbah, kayak gitu pun Anas bin Malik, Syuraih, Shaโ€™shaโ€™ah bin Shuhan, Saโ€™id bin Musayyab, Ibrahim An Nakhaโ€™i, Makhul, Ismaโ€™il bin Muhammad bin Saโ€™d dan Nuโ€™aim bin Salamah, katanya; โ€œTak mengapa duduk bagai itu.โ€ Abu Daud berkata; โ€œBelum sampai kepadaku, bahwa ada seseorang yang membencinya kecuali โ€˜Ubadah bin Nusai.โ€

Hadits gambar kedua:

Sunan Abi Dawud (HN 4208)

โ€Žูคูขู ูจ โ€“ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุนูŽู„ููŠู‘ู ุจู’ู†ู ุจูŽุญู’ุฑู ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุนููŠุณูŽู‰ ุจู’ู†ู ูŠููˆู†ูุณูŽ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุงุจู’ู†ู ุฌูุฑูŽูŠู’ุฌู ุนูŽู†ู’ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ุจู’ู†ู ู…ูŽูŠู’ุณูŽุฑูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุจู’ู†ู ุงู„ุดู‘ูŽุฑููŠุฏู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู‡ู ุงู„ุดู‘ูŽุฑููŠุฏู ุจู’ู†ู ุณููˆูŽูŠู’ุฏู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุฑู‘ูŽ ุจููŠ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฌูŽุงู„ูุณูŒ ู‡ูŽูƒูŽุฐูŽุง ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ูˆูŽุถูŽุนู’ุชู ูŠูŽุฏููŠูŽ ุงู„ู’ูŠูุณู’ุฑูŽู‰ ุฎูŽู„ู’ููŽ ุธูŽู‡ู’ุฑููŠ ูˆูŽุงุชู‘ูŽูƒูŽุฃู’ุชู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู„ู’ูŠูŽุฉู ูŠูŽุฏููŠ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุชูŽู‚ู’ุนูุฏู ู‚ูุนู’ุฏูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุบู’ุถููˆุจู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’
4208. Sudah menceritakan terhadap kami Ali bin Bahr berkata, sudah menceritakan terhadap kami Isa bin Yunus berkata, sudah menceritakan terhadap kami Ibnu Juraij dari Ibrahim bin Maisarah dari Amru bin Asy Syarid dari bapaknya Asy Syarid bin Suwaid ia berkata, โ€œRasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam melewatiku ketika saya duduk bagai ini; saya menaruh tangan kiriku di belakang punggung, lalu saya bersandar dengannya. Beliau lalu bersabda: โ€œApakah kau ingin duduk bagai duduknya orang-orang yang dimurkai (Yahudi)!โ€

Gambar yg kedua duduk dg bersander pada tangan kiri itu haditsnya ada yg bilang sahih dan ada yg bilang hasan. Status hukumnya pun pro kontra: ada yg bilang haram, dan ada yg bilang makruh. Yang bilang makruh itu misalnya Ibn Muflih dan as-Saffarani. Bahkan Abu Daud juga menaruh hadits ini dalam bab duduk yang makruh, tidak haram. Jadii sekali lagi, tak mesti larangan ini dimaknai selaku haram.

Hadits gambar ketiga:

Musnad Ahmad (HN 7758)

โ€Žูงูงูฅูจ โ€“ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ ุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุดูŽุฑููŠูƒูŒ ุนูŽู†ู’ ูŠูŽุฒููŠุฏูŽ ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุฒููŠูŽุงุฏู ุนูŽู†ู’ ู…ูุฌูŽุงู‡ูุฏู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู…ูŽุฑูŽู†ููŠ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุจูุซูŽู„ูŽุงุซู ูˆูŽู†ูŽู‡ูŽุงู†ููŠ ุนูŽู†ู’ ุซูŽู„ูŽุงุซู ุฃูŽู…ูŽุฑูŽู†ููŠ ุจูุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ ุงู„ุถู‘ูุญูŽู‰ ูƒูู„ู‘ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽุตููŠูŽุงู…ู ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ู…ูู†ู’ ูƒูู„ู‘ู ุดูŽู‡ู’ุฑู ูˆูŽู†ูŽู‡ูŽุงู†ููŠ ุนูŽู†ู’ ู†ูŽู‚ู’ุฑูŽุฉู ูƒูŽู†ูŽู‚ู’ุฑูŽุฉู ุงู„ุฏู‘ููŠูƒู ูˆูŽุฅูู‚ู’ุนูŽุงุกู ูƒูŽุฅูู‚ู’ุนูŽุงุกู ุงู„ู’ูƒูŽู„ู’ุจู ูˆูŽุงู„ู’ุชูููŽุงุชู ูƒูŽุงู„ู’ุชูููŽุงุชู ุงู„ุซู‘ูŽุนู’ู„ูŽุจู

7758. Sudah menceritakan terhadap kami Yahya bin Adam sudah menceritakan terhadap kami Syarik dari Yazid bin Abi Ziyad dari Mujahid dari Abu Hurairah, dia berkata; Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam memerintahkan kepadaku dengan 3 perkara dan melarangku dari 3 perkara; Beliau memerintahkanku dengan dua rakaโ€™at dhuha pada tiap hari, witir sebelum bermalam, dan puasa 3 hari pada tiap bulannya. Dan melarangku mematuk (dalam shalat) bagai ayam mematuk, duduk bagai duduknya anjing dan menoleh bagai berpalingnya serigala.โ€

Gambar ketiga itu larangan duduk bagai anjing itu dalam hadits Musnad Ahmad. Sebagian ulama mensahihkan, dan sebagian lagi menjelaskan sanadnya hasan. Tetapi wajib diingat duduk yg dicegah bagai dalam gambar itu jika dilaksanakan di dalam shalat, bagai bunyi haditsnya, dan tak mengapa jika dilaksanakan di luar shalat. Itu sebabnya para ulama membicarakan hadits ini dalam konteks larangan shalat bagai perilaku binatang.

Yang sunnah itu duduk iqโ€™a yang pantat bertumpu pada betis dan tumit, bagai duduk diantara dua sujud (pantat tak menyentuh lantai), sebagaimana hadits sahih dalam kitab Sahih Muslim.

Semoga papar dan berguna.

Tabik,

Nadirsyah Hosen
Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama
Australia โ€“ New Zealand

(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=1140914719296799”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

Gus Nadir: Cara Duduk yang Dipersoalkan

Source

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOLOM KOMENTAR ANDA :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.