Foto Horor Kelaparan di Madaya Mulai Diragukan Penduduk Dunia

Dukungan pangan dan Obat-obatan iring-iringan pertama masuk Madaya, foto horor kelaparan di Madaya mulai diragukan Penduduk Dunia.

 

 

 

Islam-Institute, MADAYA – Sebuah konvoi sokongan kemanusiaan untuk pertama kalinya masuk ke Kota Madaya, Suriah. Kota Madaya dalam har-hari terakhir diisukan mederita hebat, di mana penduduknya diadukan mengalami kelaparan parah. Di waktu yang bersamaan, foto-foto horor kelaparan di Madaya dan sekitarnya yang membikin masyarakat dunia marah mulai diragukan keasliannya alias foto hoax.

PBB menekankan bahwa konvoi sokongan untuk masyarakat Madaya telah tiba. Truk-truk yang masuk ke kota itu membawa barang-barang kebutuhan pokok, termasuk obat-obatan dan perlengkapan bedah. ”Dua truk yang membawa makanan dan dua orang full selimut masuk Madaya pada pukul 05.00 waktu setempat,” kata seorang pejabat dari Suriah Bulan Sabit Merah kpd AFP.
Konvoi sokongan pertama juga tiba di Desa Foah dan Kefraya. Menurut BBC, Selasa (12/1/2016), warga di dua desa itu dikepung oleh pemberontak yang berkuasa di wilayah utara Provinsi Idlib. Akibat dikepung, mereka juga mengalami kelaparan parah.

Semenjak kelaparan horor di Madaya jadi sorotan dunia, Presiden Suriah Bashar Al-Assad, jadi pihak yang disalahkan. Berbagai media, termasuk Telegraph, Independent, BBC, CNN dan Fox News, mengumumkan foto-foto kelaparan parah di Madaya yang muncul di media sosial tanpa meneliti ulang keasliannya.

Menurut Russia Today, beberapa foto yang beredar ada kejanggalan. Contoh, satu foto yang di-posting di media sosial berbahasa Arab memperlihatkan orang kelaparan yang diklaim berbaring di suatu tempat di jalan-jalan Madaya, sebuah kota dengan warga kisaran 9 ribu jiwa.

”Para korban kelaparan yang dikarenakan oleh Bashar Assad, Hizbullah dan milisi Iran di Madaya dan Al-Zabadani,” bunyi tulisan di bawah foto itu. Tetapi, cerita di balik orang kelaparan itu ternyata palsu. Menurut kubu Syrian American Medical Society, foto itu merupakan keadaan kelaparan di Kota Ghouta tahun lalu.

Contoh lain, foto gadis kecil Suriah yang diklaim meninggal sebab kelaparan parah. Tetapi, menurut MBC TV gadis itu tampak sehat di Yordania.  (al/mas/IN)

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :