Eropa Tendang Dolar AS guna Transaksi Minyak Iran

Eropa Tendang Dolar AS guna Transaksi Minyak Iran


BRUSSELS – Uni Eropa berencana guna mengalihkan pembayaran menuju euro untuk pembelian minyaknya dari Iran, menghilangkan transaksi dolar AS. Sumber diplomatik menjelaskan terhadap Sputnik.

Brussels sudah berselisih dengan Washington atas penarikan AS dari kesepakatan nuklir Iran, yang sebelumnya dicapai ketika pemerintahan Barack Obama. Presiden Donald Trump sudah berjanji guna memberlakukan kembali sanksi kepada Republik Islam.

Baca: Menlu Iran Mulai Tur Pastikan Kesiapan Internasional Pertahankan Kesepakatan Nuklir

“Aku mengetahui info bahwa Uni Eropa bakal bergeser dari dolar menuju euro guna membayar minyak mentah dari Iran,” kata sumber itu terhadap agensi Rusia tersebut.”

Awal pekan ini, kepala keputusan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini menjelaskan bahwa para menteri luar negeri Inggris, Prancis, Jerman, dan Iran sudah setuju guna mencari jalan penyelesaian praktis merespon langkah Washington dalam banyak minggu menuju depan. Blok tersebut dikabarkan berencana guna mempertahankan dan memperdalam hubungan ekonomi dengan Iran, termasuk di bidang pasokan minyak dan gas.

Baca: Banyak respon Dunia atas Mundurnya AS dari Kesepakatan Nuklir Iran

Mogherini menekankan bahwa seluruhnya pihak wajib bekerja sama dalam mencabut sanksi selaku bagian integral dari kesepakatan nuklir bersejarah itu. “Kami tak naif dan tahu itu bakal sulit guna seluruhnya pihak.” (ARN)



Eropa Tendang Dolar AS guna Transaksi Minyak Iran



ARNLink

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.