Erdogan Menyebut Turki akan Boikot Produk Elektronik AS

Erdogan: Anjloknya Lira Plot Politik Lawan Ankara

Erdogan Menyebut Turki akan Boikot Produk Elektronik AS

ANKARA – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menjelaskan pada hari Selasa (14/08) bahwa Turki akan memboikot produk-produk elektronik dari Amerika Serikat, membalas Washington yang sudah dinilai memotivasi lira jatuh ke rekor terendah.

Erdogan menyerukan rakyat menggunakan produk elektronik dalam negeri atau buatan Samsung Korea dan mendesak masyarakat untuk nggak membeli iPhone, bagian barang elektronik populer dari AS.

“Kalau (Amerika Serikat) punya iPhone, maka ada pilihan lain, (yaitu) Samsung,” kata Erdogan. Menteri Lingkungan, Murat Kurum, menjelaskan Turki dipastikan nggak akan lagi menggunakan produk-produk Amerika di berbagai proyek konstruksi.

Loading...
loading...

Ia menggambarkan Turki waktu ini mengalami ‘pengepungan ekonomi’. Sengketa AS-Turki, yang dipicu oleh penahanan kepada Andrew Brunson, pendeta AS di Turki, sudah menyebabkan anjloknya nilai tukar mata uang Turki, lira. Semenjak Januari 2018, nilai lira kepada dolar turun kisaran 34% yang menyebabkan kenaikan harga barang kebutuhan sehari-hari di Turki.

Menurut laporan Reuters, Lira sudah jatuh lebih dari 40 % tahun sekarang dan jatuh ke titik terendah sejauh masa dengan nilai 7,24 kepada dolar pada hari Senin. Diperburuk oleh kekuatiran atas panggilan Erdogan untuk ongkos pinjaman yang lebih rendah dan dengan memburuknya hubungan dengan Amerika Serikat, sekutu utama NATO-nya.

Loading...

Kelemahan lira sudah menyebar di pasar global. Penurunannya sebanyak 18 % pada hari Jumat […]
Source by Ahmad Zaini

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *