Eks PM Qatar: Putra Mahkota Saudi Tidak Punya Penasehat yang Baik

Mantan PM Qatar: Putra Mahkota Saudi Tak Punya Penasehat yang Baik

Eks PM Qatar: Putra Mahkota Saudi Tidak Punya Penasehat yang Baik

PARIS – Dalam sebuah Tanya Jawab eksklusif dengan FRANCE 24, eks Perdana Menteri Qatar Hamad bin Jassim al-Thani menjelaskan bahwa Doha terkejut oleh blokade yang diputuskan oleh Arab Saudi, UAE dan sekutu mereka pada Juni 2017, mengakui target sesungguhnya dari langkah ini ialah “untuk menggulingkan “emir Qatar.

Ia Menegaskan bahwa administrasi Trump, sesudah awalnya berpihak pada Saudi dan Emirat, sekarang berbalik arah. Ia menambahkan bahwa untuk waktu ini, ia tidak menyaksikan ada harapan untuk jalan keluar kepada krisis hubungan ini.

Sementara itu, Hamad bin Jassim al-Thani dalam wawancaranya juga menudiang Arab Saudi dan UEA sudah “menabrak Dewan Kerjasama Teluk (GCC)” dengan menargetkan Qatar.

Kecuali itu, ia juga menyebut bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, tidak mempunyai penasehat yang baik sehingga kerap mengeluarkan keputusan-keputusan aneh dan tidak bertanggung jawab.

“Ia tidak dinasehati dengan baik, bahwa keputusannya dibuat dengan cara “aneh” dan “tidak bertanggung jawab”, dan daripada mempergunakan aksi anarkis di dalam dan di luar negaranya, semestinya ia fokus pada kesejahteraan rakyatnya,” ucap eks PM Qatar tersebut.

Ia juga menulis bahwa sesudah awalnya menginginkan kepada “MBS” dan agenda reformasi yang diproklamirkannya, ia sekarang berubah pikiran.

“Saya kecewa dengan Mohammed bin Salman,” ucap eks PM Qatar itu untuk FRANCE 24.

Ia menyebut bahwa pemimpin Emirat Mohamed bin Zayed, bersikap selaku pengaruh buruk pada putra mahkota Saudi, menambahkan bahwa ia masih menginginkan putra mahkota akan sadar dan jadi pemimpin sejati di wilayah. (ARN)


Source by Muhammad Najib

You might like

About the Author: Muhammad Najib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.