DK PBB Berikan Mandat Perangi ISIS di Mana Saja

Website Islam Institute
Loading...

DK PBB Berikan Mandat Perangi ISIS di Mana Saja ISIS Ada

Resolusi Dewan Kemanan PBB itu mengutuk serbuan di Paris, dan juga serbuan yang dilaksanakan oleh organisasi teroris semenjak Oktober di Tunisia, Ankara, Beirut. Sebagaimana juga mengutuk serbuan pada sebuah pesawat Rusia di Sinai Mesir. Tetapi resolusi tidak mengutuk Serbuan Teroris kepada rakyat Suriah selama 4 Tahun lebih.

 Dewan Keamanan PBB berhubungan dengan resolusi yang disusun oleh Perancis, meminta ke negara-negara yang mempunyai kemampuan untuk melakukannya supaya mengambil seluruh langkah yang diperlukan sesuai dengan hukum internasional, khususnya Piagam PBB, di wilayah yang Ada di bawah kendali ISIS”.

Resolusi itu menambahkan bahwa negara-negara member PBB diminta melipatgandakan usaha mereka dan mengkoordinasikan proaktifnya antar member, dengan maksud untuk melarang dan menekan aksi teror yang dilaksanakan secara spesial oleh ISIS serta kelompok-kelompok ekstremis lainnya yang terkait langsung dengan al-Qaeda.

Dalam resolusi tersebut Dewan menganggap bahwa ISIS Adalah “ancaman global”, acaman yang tidak pernah terjadi sebelumnya bagi perdamaian dan keamanan internasional. Dewan Keamanan PBB juga Menegaskan akan tekadnya untuk terus memerangi ancaman ini dengan segala cara. Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius menyambut baik resolusi Dewan PBB tersebut yang berisikan “himbauan mengintensifkan operasi melawan ISIS”.

loading...

Fabius menjelaskan dalam sebuah pernyataannya bahwa “Hal terpenting waktu ini ialah seluruh negara terlibat secara nyata dalam Peperangan ini, baik melalui aksi angkatan bersenjata atau mencari jalan keluar politik atau memutus pendanaan terorisme”.

Walaupun resolusi itu tidak secara eksplisit memberikan mandat untuk bergerak secara angkatan bersenjata kepada ISIS dan walaupun tidak menyebutkan Bab VII dari Piagam PBB terkait peraturan yang memberikan kewenangan pemanfaatan power angkatan bersenjata kepada ISIS. Akan tetapi resolusi tersebut sudah memberikan sokongan politik yang besar untuk kampanye perang secara intensif melawan teroris di Suriah dan Irak khususnya sesudah terjadinya serbuan di Paris.

Serbuan Perancis di Suriah bersandar pada Pasal 51 dari Piagam PBB, yang memberikan hak pada saban negara untuk mempertahankan diri kalau diserang.

loading...

Resolusi Dewan Kemanan PBB itu mengutuk serbuan di Paris, dan juga serbuan yang dilaksanakan oleh organisasi teroris semenjak Oktober di Tunisia, Ankara, Beirut. Sebagaimana juga mengutuk serbuan pada sebuah pesawat Rusia di Sinai Mesir. Tetapi resolusi tidak mengutuk Serbuan Teroris kepada rakyat Suriah selama 4 Tahun lebih.  (AL/SFA)

Loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :