Dianjurkan Membacakan Al-Qur’an Untuk Mayit

Dianjurkan Membacakan Al-Qur’an Untuk Mayit. Selama rangkaian haul di Kalbar ini kami telah mengkhatamkan beberapa kali bacaan al-Quran. Amaliah ini bersumber dari riwayat berikut:

Asy-Syabi berkata bahwa Para Shahabat Ansor jika ada yang wafat diantara mereka, maka mereka bergantian ke kuburnya membaca Al-Quran di dekatnya (Riwayat Al-Khallal dan Dikutip oleh Ibnu Al-Qayyim dalam Ar-Ruh)

Meski atsar ini dinilai dlaif, namun para ulama ahli hadis dan ahli sejarah dalam kitab-kitab Thabaqat dan Tarikh menyebutkan banyaknya umat Islam membaca Al-Quran di makam-makam
Ijtihad Imam Syafii

Kalau ada anggapan Imam Syafii melarang membaca Quran untum mayit maka perlu membaca kitab Al-Umm berikut:

Aku senang jika di dekat kuburnya dibacakan Al-Quran (Al-Umm)

Pendapat Ulama Syafiiyah

Imam Nawawi mengatakan dalam kitab Majmuknya yang merupakan salah satu kitab paling otoritatif dalam Madzhab Syafii dan salah satu kitab terbaik yang menghimpun pendapat 4 Madzhab:

Loading...
loading...

Dianjurkan diam sejenak di dekat kuburnya setelah pemakaman, mendoakan mayit dan memintakan ampunan untuknya. Hal ini telah dinyatakan oleh Asy-Syafii dan ulama Syafiiyah. Mereka berkat: Dianjurkan membaca Quran di dekat kuburnya. Jika mereka mengkhatamkan Al-Quran maka lebih utama (Al-Majmuk)

Pendapat Ulama Syafiiyah Mutaakhirin

Pahala bacaan Al-Quran adalah milik pembacanya. Dan pahala yang sama juga didapat untuk mayit, jika berada di depan mayit, atau diniatkan untuk mayit, atau pahala Al-Quran dihadiahkan kepada mayit setelah selesai membaca Al-Quran, menurut pendapat yabg kuat (Hasyiah Al-Jamal 4/67).

Loading...

Dengan demikian mengkhatamkan Al-Quran yang dibaca dari rumah serta diniatkan untuk dikirim kepada para Almarhum adalah bisa sampai.

Kyai Ma’ruf Khozin, Aswaja NU Center Jatim
loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :