Dianjurkan Baca Kalimat Ini Waktu Menguping Suara Adzan

Sejarah Adzan

Dianjurkan Baca Kalimat Ini Waktu Menguping Suara Adzan

Adzan tidak cuma jadi tanda masuk shalat, tapi sekaligus jadi syiar Islam. Makanya, walaupun kita telah tahu waktu shalat telah masuk dengan menyaksikan tanda dari matahari misalnya, tetap saja dianjurkan untuk mengumandangkan adzan, khususnya bagi orang yang shalat berjamaah. Karena itu, saban masuk waktu shalat dianjurkan untuk adzan, lantas disusul dengan shalat berjamaah.

Pada adzan adzan dikumandangkan dianjurkan untuk mendengarkannya. Kecuali mendengarkan dianjurkan pula mengulangi bacaan yang dibaca muadzin. Misalnya, saat muadzin melafalkan kalimat “Allahu Akbar Allahu Akbar”, kita dianjurkan mengulanginya dengan suara pelan.

Dalam hadis disebutkan, “Apabila engkau menguping suara adzan, ulangilah bacaan yang dilafalkan muadzin” (HR: Bukhari dan Muslim)

Loading...
loading...
Akan tetapi, pada waktu muadzin membaca kalimat “Hayya ‘ala al-Shalah” dan “Hayya ‘alal falah” dianjurkan membaca kalimat, “La Haula wa la Quwwata Illa billah”. Anjuran ini sebagaimana disebutkan dalam hadis:

وإذا قال حي على الصلاة، قال: لا حولا ولا قوة إلا بالله، وإذا قال حي على الفلاح، قال لا حولا ولا قوة إلا بالله

“Apabila muadzin melafalkan, ‘Hayya alas shalah’ baca ‘La Haula wa la quwwata illa billah. Dan saat muadzin baca ‘hayya ‘alal falah’, bacalah ‘La haula wa la quwwata illa billah’”. (HR: Bukhari)

Dalam hadis lain disebutkan, orang yang membaca kalimat itu dalam hatinya akan masuk surga. Karenanya, supaya memperoleh pahala kesunnahan, biasakan membaca kalimat yang sudah dijelaskan di atas pada waktu menguping suara adzan.

Loading...

IslamiDotCo by Ahmad Naufal

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOLOM KOMENTAR ANDA :