Diambang Perang Dagang Skala Full, UE Laporkan AS ke WTO

Diambang Perang Dagang Skala Full, UE Laporkan AS ke WTO

BRUSSELS – Uni Eropa menjelaskan bakal meluncurkan kasus ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) kepada langkah AS yang memberlakukan tarif baru pada impor baja dan aluminium blok itu, memperlihatkan kedua belah pihak berada di ambang perang perdagangan skala full.

“AS sudah berusaha mempergunakan ancaman pembatasan perdagangan selaku pengaruh guna memperoleh konsesi dari UE. Ini bukan cara kita berbisnis, dan tentu saja ndak di antara mitra, teman, dan sekutu yang telah lama, ”kata Cecilia Malmstrom, komisaris perdagangan UE, dalam sebuah pengumuman terbuka pada hari Kamis (31/05).

Baca: UE Ambil Langkah Lindungi Perdagangan dengan Iran dari Sanksi AS

Ia menambahkan bahwa tanggapan blok itu kepada tindakan yang diusulkan AS bakal proporsional dan sesuai dengan aturan dan peraturan WTO. “Kami sekarang bakal memicu kasus penyelesaian sengketa di WTO, sebab langkah-langkah AS ini terang bertentangan dengan aturan internasional yang disepakati.”

Malmstrom juga menjelaskan bahwa Uni Eropa bakal mengadopsi langkah-langkah menyeimbangkan balasan dan mengambil langkah-langkah lain yang diperlukan guna menjaga pasar blok dari “pengalihan” yang dikarenakan oleh pembatasan Washington.

Baca: Mogherini: Uni Eropa bakal Tetap jadi Mitra Andalan Kuba

Ia ndak memberikan rincian soal tindakan balasan Uni Eropa kepada Washington, tetapi Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, sebelumnya sudah mempersiapkan daftar 10-halaman produk Amerika yang bakal sebagai target potensial pembalasan, termasuk selai kacang, sepeda motor dan jeans denim, yang dapat memperoleh bea masuk tambahan. (ARN)

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.