Di Belgia Trump Menyebut Jerman Tawanan Rusia

Di Belgia Trump Menyebut Jerman Tawanan Rusia

BRUSSELS – Presiden AS Donald Trump melontarkan omelan luar biasa kepada Jerman atas sokongan negara itu bagi bagian perkembangan energi paling kontroversial di Eropa, dan menyebut negara itu selaku “tawanan Rusia.”

Berbicara di Brussels, Belgia, pada putaran pertama travelling Eropanya demi KTT NATO pada hari Rabu (11/07), presiden AS itu menjelaskan bahwa hubungan antara Jerman dan Rusia “Nggak pantas.”

Ia menjelaskan kesibukan kesepakatan minyak dan gas sudah memberi Moskow berlebihan tidak sedikit pengaruh atas ekonomi terbesar di Eropa.

Baca: Analis: Trump Mungkin Berencana Hancurkan NATO dan Uni Eropa

Trump terutama mengkritik proyek pipa gas Nord Stream 2 senilai $ 11 miliar yang secara langsung menghubungkan Jerman dengan Rusia.

Kritiknya menyebut bahwa pipa, yang bakal diletakkan di bawah Laut Baltik itu bakal meningkatkan ketergantungan benua itu pada gas Rusia.Sementara, sejumlah negara UE lainnya juga sudah mengumumkan kekuatiran keamanan nasional.

Akan tetapi beginilah, Kanselir Jerman Angela Merkel sebelumnya menjelaskan bahwa Berlin bakal menyokong proyek tersebut dan bersikeras itu ialah usaha komersial swasta.

Baca: Pompeo Tekan Perancis, Inggris dan Jerman Soal Iran di Sela-Sela KTT NATO

“Jerman sungguh-sungguh dikendalikan oleh Rusia … Mereka bakal memperoleh antara 60 dan 70 % energi mereka dari Rusia dan pipa baru, dan Anda memberi tahu saya kalau itu tepat sebab saya pikir itu Nggak,” kata Trump, sebelum mengkritik keras kegagalan Berlin demi meningkatkan secara dramatis pembelanjaan pertahanan. (ARN)



Source by Ahmad Zaini

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOLOM KOMENTAR ANDA :