China Seru AS Hentikan Sistem Rudal THAAD di Korsel

Website Islam Institute

CHINAPemerintah China meminta AS hentikan penyebaran sistem Rudal THAAD di Korsel. China sudah menekankan kembali oposisi yang kuat atas penyebaran sistem rudal THAAD, sistem rudal hebat AS di negara Jiran Korea Selatan. China mengingatkan bahwa Beijing akan mengambil langkah yang diperlukan untuk menjaga kepentingan-kepentingannya.

Jubir Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang menjelaskan pada konferensi pers pada hari Rabu bahwa penyebaran sistem Terminal High Altitude Tempat Defense (THAAD) di Korea Selatan membahayakan stabilitas regional.

“Dengan THAAD, AS dan Korea Selatan serius menghancur-leburkan stabilitas regional dan serius merusak kepentingan strategis negara-negara di wilayah itu, termasuk China,” kata pejabat Cina.

Dia juga meminta Washington dan Seoul untuk menghentikan proyek Sistem Rudal THAAD di Korsel.

“Kami sudah menjelaskan bahwa kita tegas menentang penyebaran sistem THAAD AS di Korea Selatan, dan kami intens menyerukan AS dan Korea Selatan untuk menghentikan proses (penyebaran) tersebut,” kata pejabat China.

“China dengan tegas akan mengambil langkah yang diperlukan untuk menjaga kepentingan yang wajar,” Lu menambahkan, tanpa menerangkan lebih detail.

 

Pada hari Jumat, Amerika Serikat dan Korea Selatan menjelaskan mereka sudah membikin keputusan akhir untuk menyebar sistem rudal THAAD di Selatan, dan mengakui cuma akan dipakai dalam pertahanan kepada apa yang mereka menyebut ancaman Korea Utara.

China yang berbatasan dengan Korea Utara, sudah menyuarakan penentangannya kepada penyebaran sistem rudal THAAD di Korsel, warning itu akan mengganggu stabilitas keamanan regional.

Washington dan Seoul mulai melaksanakan konsultasi yang intens pada sistem rudal THAAD sesudah Korea Utara melaksanakan uji coba nuklir ke-4 di bulan Januari, yang diikuti oleh peluncuran satelit dan serangkaian uji peluncuran bermacam rudal.

Menurut Kemenhan Korea Selatan, sistem rudal AS akan dikerahkan di daerah tenggara Seongju untuk memaksimalkan efektivitas dan meminimkan dampak pada masyarakat dan lingkungan. Kementerian itu juga menjelaskan punya tujuan untuk mempunyai sistem yang beroperasi pada akhir 2017.

Penyebaran sistem rudal THAAD di Korsel sudah memicu protes dari masyarakat, termasuk orang-orang dari Seongju, yang terletak 296 kilometer sebelah tenggara ibukota, Seoul.

Sementara itu, Rusia juga sudah menyuarakan penentangan kepada planning tersebut, dan menjelaskan sistem rudal cenderung merusak stabilitas di wilayah dan “berpengaruh buruk kepada stabilitas strategis global.”

Angkatan bersenjata Korea Utara juga mengancam akan mengambil “tindakan fisik” dalam merespon penyebaran sistem rudal THAAD di semenanjung Korea.

Sistem rudal THAAD sudah didesain untuk mencegat rudal balistik dalam atau di luar atmosfer. (al/arn)

 

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.