Cerita Rabiah Al Adawiyah Selamat dari Pencurian

Kisah Rabiah Al Adawiyah Selamat dari Pencurian

Cerita Rabiah Al Adawiyah Selamat dari Pencurian

Pada suatu malam, saat Rabiah Al Adawiyah terlelap tidur dalam hening malam, ada seorang pencuri merangsek ke dalam kediaman wanita yang terkenal selaku wali tersebut.

Ia mengambil bermacam barang berharga milik tuan rumah. Akan tetapi sayang, bakda benda-benda di tangan, ia jadi kebingungan mencari celah pintu mana ia akan keluar. Secara Mendadak pintu jadi hilang dari pandangan. Pencuri ini duduk termenung menanti kapan pintu itu akan mampu kembali ia temukan sebagaimana awalnya.

Mendadak, terdengar suara tanpa rupa Hadir Mendadak. Lantang terdengar terang “lepaskan pakaianmu, keluar lewat pintu itu!”

Pencuri melepas pakaian yang ia kenakan sampai ia telanjang. Dan benar, pintu tampak lantas ditemukan.

Ia mencoba memungut pakaian yang ia lepas tadi. seusai terpakai, pintu hilang kembali. Ia lepas lagi, pintu jadi tampak juga. Hal aneh ini berkali-kali.

Loading...
loading...

Sampai-tiba terdengar suara tanpa rupa sebagaimana awalnya tapi dengan isi tak sama “andai saja Rabiah ini tidur, tapi Tuhan yang ia cintai tidak pernah tidur. Tuhannya tidak pernah kantuk dan tidur”.

Menguping pernyataan terakhir ini, pencuripun akhirnya keluar dengan tanpa busana. Harta benda Rabiah selamat atas penjagaan Allah SWT.

Beginilah di antara orang yang dekat dengan Allah SWT. Sebagaimana kita ketahui, Rabiah ini penganut sufi yang berasas dengan syariat yang amat kuat. Disebut dalam hadis “jangalah Allah, Allah akan menjagamu” al Hadis

Rabiah sudah membaktikan dirinya pada Tuhannya. Menjaga hak-hak dirinya atas Tuhannya yang sudah menciptakan dirinya dan alam semesta. Maka sebaliknya, Allah menjaganya, termasuk menjaga harta bendanya walaupun Rabiah tidak tengah menjaga dengan cara lahiriyahnya. []

Disarikan dari Kitab Al Nawadir, Syihabuddin Al Qalyubi, hlm 58-59????

Loading...

Source by Ahmad Naufal

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *