Cerita Makruf Al-Kharqi, Berbaik Hati dan Mendoakan Pemabuk

Kisah Makruf Al-Kharqi, Berbaik Hati dan Mendoakan Pemabuk

Cerita Makruf Al-Kharqi, Berbaik Hati dan Mendoakan Pemabuk

Makruf Al-Kharqi ialah seorang sufi besar yang berpengaruh. Ia bernama komprehensif Abu Mahfudz Ma’ruf bin Firus Al-Karkhi. Sufi yang 1 ini menetap di Baghdad, Irak di masa kejayaan Harun Al Rasyid. Ia berasal dari Persia, Iran dan mempunyai beberapa murid. Salah satunya ialah Sarry As-Saqaty, salah seorang muridnya.

Beberapa cerita tentangnya menarik untuk disimak. Berikut ialah sebagian hikayat Soal Makruf Al Kharqi. Al cerita pada suatu hari Ma’ruf berjalan bersama-sama muridnya. Di suatu tempat ia berjumpa dengan segerombolan anak muda yang tengah ke ke Sungai Tigris.

Loading...
loading...

Di sejauh perjalanan anak muda tersebut bernyanyi seraya mabuk. Menyaksikan ulahnya, para murid menghendaki supaya Ma’ruf berdoa untuk Allah supaya geromboilan anak muda itu memperoleh Pembalasan setimpal. Desakan para murid itu akhirnya meluluhkan hati Makruf. Lalu ia berdoa, “Ya Allah, sebagaimana engkau sudah memberikan untuk mereka kebahagiaan di dunia, berikan pula untuk mereka kebahagiaan di akherat nanti.”

Tentu saja doa ini membikin para muridnya kaget dan tidak mengerti. “Megapa bordoa seperti itu,” ucap bagian muridnya. Makruf pun lalu menjawab. “Tunggulah sebentar, Anda semua akan mengetahui rahasianya.”

Aneh bin ajaib. Sesat lalu para pemuda berbalik dan menyaksikan ke arah Syekh Ma’ruf. Mereka lalu memecahkan botol-botol anggur yang tengah mereka minum. Dengan gemetar mereka menjatuhkan diri di depan Ma’ruf dan menyakatan bertobat. Lalu kata Syekh Ma’ruf untuk muridnya, “Anda semua saksikan, betapa doa Anda semua dikabulkan tanpa membenamkan dan mencelakakan seorang pun pun juga.”

Wallahu A’lam.

Loading...

Source by Ahmad Naufal

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *