Cerita Anjing Sufi dan Pakaian Seorang Darwish

Cerita Anjing Sufi dan Pakaian Seorang Darwish

Suatu hari berjalanlah seorang laki-laki berjubah dan melintasi sebuah perkampungan sufi. Di tengah travelling, sang darwis menyaksikan seekor anjing lusuh sedang menghampirinyanya. Tanpa berfikir panjang sang darwis memukulnya secara keras dengan tongkat yang digenggam.Sambil meringkik kesakitan, anjing tersebut berlari ke kediaman seorang bijak bernama Abu Said. Sembari memegangi kakinya yang cedera, si anjing menuntut keadilan dari perlakuan kasar seorang darwis atas dirinya.

Tidak lama lalu, dipanggillah keduanya. “Hai orang yang kasar! Bagaimana dapat engkau memperlakukan seekor binatang yang lemah dengan cara seperti itu. Tidakkah engkau lihat akibat dari perbuatanmu sudah menyebabkan kakinya pincangg!?”, kata sang bijak terhadap si darwis.

“Itu bukan kesalahanku,” tegas si darwis, “Seluruhnya itu semata kesalahannya sendiri. Saya Nggak serta merta memukulnya, bakal tetapi sebab ia sudah mengotori jubah kesayanganku.” imbuhnya.“Apa benar begitu?” Tanya sang bijak terhadap si anjing.

“Memang benar, Tuan. Saya menjilati jubah si darwis.” jawab si anjing, “Karena saya menyaksikan betapa agung dan mulianya sang darwis dengan jubah yang dikenakan. Selaku seorang yang agung, saya menganggap bahwa saya bakal aman kalau dekat dengannya. Tetapi penilaianku ternyata salah.” keluhnya.

“Andai saja saya melihatnya berpakaian laiknya seorang biasa, tentu saja saya tidak bakal mendekatinya. Kesalahanku sesungguhnya sudah menganggap bahwa penampilan orang yang tampak mempunyai keagungan ini mempertunjukkan keamanan.” tegas si anjing.

“Lalu, keadilan seperti apa yang kamu inginkan?” Tanya sang bijak pada si anjing.

“Kalau tuan ingin menghukumnya, tolong lepaskan darinya pakaian agung yang dikenakanya. Dari pakaian yang cuma pantas dikenakan oleh orang-orang yang suci” []

Source by Ahmad Naufal

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOMENTAR: Jika ada artikel yang salah, dll, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.