Cara Ridha kepada Allah dan Mendapat Ridha Allah

Bagaimana caranya agar kita ridha kepada Allah? Syeikh Ali Jum’ah menjelaskan Cara Ridha kepada Allah dan Mendapat Ridha Allah ….

Caranya, dengan meyakini dan mengenal bahwa alam semesta ini adalah ciptaan Allah, bahwa semua yang ada di alam semesta ini tak lain hanyalah atas kehendak Allah.

Oleh karenanya, siapapun yang mengingkari kenyataan ini dan merasa dirinya memiliki daya dan kekuatan maka dia tidak akan pernah bisa ridha kepada Allah.

Bagaimana cara agar kita memiliki jiwa yang ridha lagi diridhai-Nya?

Jiwa yang ridha lagi diridhai-Nya merupakan salah satu derajat dari tujuh derajat jiwa: “ammarah” kemudian “lawwamah”, “malhamah”, “radhiyah”, “mardhiyah”, “muthmainnah”, “kamilah”.

Bagaimana kita bisa sampai pada derajat itu?

Para ahlullah (ulama yang dekat dengan Allah) membuat beberapa cara untuk menaikkan derajat jiwa; yaitu dengan berdzikir, berfikir, membersihkan diri dari sifat-sifat buruk serta menghiasinya dengan sifat-sifat baik.

Juga menjadikan Allah semata sebagai tujuan kita, karena Dia adalah tujuan alam semesta. Maka janganlah kamu menoleh kepada selain-Nya dan teperdaya dengan iluminisme, karamah atau wangsit.

Langkah ini, yaitu berdzikir, berfikir, membersihkan diri dari sifat-sifat buruk serta menghiasnya dengan sifat-sifat baik, juga menjadikan Allah semata sebagai tujuan, sembari berjalan di atas syari’at-Nya melalui Quran dan sunah, adalah langkah yang mampu membawa kita sampai pada derajat jiwa yang ridha dan diridhai-Nya.

Dan ini juga yang akan mengantar kita pada pemahaman yang cermat terhadap makna “Laa Haula wa Laa Quwwata illa billah” yang merupakan salah satu harta simpanan al-‘arsy.

Maulana Syeikh Ali Jum’ah

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :