Bus Bebas Macet, Angkut 1.200 Orang Lewat di Atas Kendaraan Lain

Islam-Institute, BEIJINGBus bebas macet yang merupakan bus futuristik canggih diluncurkan di China. Bus ini bakal sanggup membuat para penumpangnya terbebas dari kemacetan lalu lintas. Bus yang dijuluki “uber-bus” ini sanggup mengangkut 1.200 penumpang dan uniknya, bus ini bisa lewat di atas kendaraan lain di jalan raya.

Enggak bisa dipungkiri bahwa bus bebas macet yang canggih ini bakal sebagai sarana transportasi masa depan, dan bakal sebagai inspirasi bagi negara-negara lain di jagat yang mempunyai problem lalu lintas macet, termasuk Indonesia.

Transportasi bernama Transit Elevated Bus (TEB) ini pada prinsipnya ialah sebuah sistem metro yang seakan “melayang-layang” di atas mobil di jalanan macet dan didesain untuk memaksimalkan penggunaan ruang jalan raya, sehingga kendaraan massal ini bisa pun dijuluki bus bebas macet.

Bus Bebas Macet, Angkut 1.200 Orang Lewat di Atas Kendaraan Lain
Bus Bebas Macet, Angkut 1.200 Orang Lewat di Atas Kendaraan Lain

Tansportasi revolusioner yang bakal sebagai jalan keluar downside lalu lintas masa depan tersebut diperkenalkan menuju publik di Beijing International Expo High-Tech, China, selama akhir pekan.

Desainernya mengklaim sistem transportasi yang inovatif wajib bagus, hemat ongkos dan ramah lingkungan. Bus bebas macet ini didesain dengan bodi ditinggikan dan berkecepatan tinggi yang didukung oleh tenaga listrik. Listrik itu juga dihasilkan dari energi matahari yang diserap oleh panel yang dipasang di atap bus.

”Dengan daya dukung 1.200 orang penumpang dalam satu waktu, TEB mempunyai fungsi yang sama sebagaimana kereta bawah tanah, sementara ongkos konstruksi tidak cukup dari seperlima dari kereta bawah tanah,” kata insinyur senior dari proyek futuristic ini, Bai Zhiming, kepada CCTV News, yang dikutip Rabu (25/5/2016).


Shenzhen Huashi Future Parking Equipment ialah perusahaan di balik kendaraan tranportasi TEB . Perusahaan itu menjelaskan bahwa pembangunan TEB bisa diselesaikan dalam satu tahun. Operasi uji coba dimulai di Kota Qinhuangdao, di Provinsi Hebei, China utara, pada paruh kedua 2016.

Nah, bus bebas macet ini sepertinya bakal cocok untuk jalan keluar jalanan macet di kota-kota besar di Indonesia. (al/sn)

Jasa Website Alhadiy

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :