Jasa Web Alhadiy
Berita Arab Saudi

Bursa Saham Arab Saudi Anjlok Terkait Hubungan dengan Iran

Bursa Saham Arab Saudi anjlok terkait pemutusan sepihak hubungan diplomatik dengan Iran. Ketegangan geopolitik yang terjadi saat ini antara Arab Saudi dan Iran meningkatkan kembali kekhawatiran bahwa Arab saudi akan meninggalkan pasar mata uang.

 

 

Islam-Institute, RIYADH  – Sejak kemarin pasar saham Arab Saudi turun tajam setelah kerajaan tersebut memutuskan secara sepihak hubungan diplomatik dengan Iran. Demikian dilaporkan Reuters, Senin (4/1).

Pasar internasional segera bereaksi menyusul keputusan pemerintah Arab Saudi memutuskan hubungan dengan Iran. Indeks harga saham utama Arab Saudi turun 2,4 persen dan semua sektor menunjukkan perkembangan negatif.

Riyal Saudi menurun tajam terhadap dolar AS di pasar valuta asing setelah hubungan antara Arab Saudi dan Iran memburuk, meningkatkan kekhawatiran bahwa dana dolar untuk kerajaan bisa menjadi lebih mahal.

Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada hari Minggu (3/1) kemarin dalam menyusul penyerbuan ke kedutaan besarnya di Teheran. Pertikaian diplomatik antara dua produsen minyak utama di dunia itu meningkat menyusul eksekusi oleh Arab Saudi terhadap seorang ulama Syiah terkemuka pada hari Sabtu, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Dalam beberapa bulan terakhir, riyal Saudi sudah turun di pasar foward ke level terendah sejak 1999 karena adanya kekhawatiran bahwa besarnya defisit anggaran Arab Saudi akibat harga minyak yang rendah pada akhirnya mungkin akan memaksa Riyadh untuk meninggalkan pasar mata uang.

Penghematan anggaran untuk 2016 yang diumumkan Arab saudi pekan lalu tampaknya sebagian meredakan kekhawatiran seperti itu. Akan tetapi ketegangan geopolitik yang terjadi saat ini antara Iran dan Arab Saudi meningkatkan kembali kekhawatiran tersebut.  (AL/ARN)

Jasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker