Belanda Desak Uni Eropa Lawan Ancaman AS

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte

Belanda Desak Uni Eropa Lawan Ancaman AS

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte meminta Uni Eropa melalui sistem internasional yang berlandaskan hukum bersatu melawan ancaman Amerika Serikat.

AFP memberitahukan, Mark Rutte Rabu (13/6) di akhir sidang parlemen Eropa di Strasbourg, Perancis menjelaskan, keputusan strategi Presiden Amerika Serikat Donald Trump sudah menciptakan rintangan besar bagi tatanan dunia multilateral.

 

Perdana menteri Belanda menambahkan, keputusan Trump keluar dari Planning Aksi Berbarengan Komprehensif (JCPOA) dan Komitmen Iklim Paris serta penerapan tarif dan cukai kepada impor baja dan aluminium Eropa tidak bisa diterima.

Donald Trump

 

Loading...
loading...

Sementara itu, Wakil ketua Komisi Eropa Frans Timmermans sambil membenarkan statemen perdana menteri Belanda terkait ancaman Amerika menjelaskan, untuk ke-1 kalinya semenjak tahun 1945, yaitu akhir perang dunia ke-2, seorang presiden Amerika masuk Gedung Putih dan meyakini Eropa yang tidak bersatu lebih menguntungkan bagi Washington dari Eropa yang bersatu.

 

Tensi antara Washington dan Brussels terkait keputusan strategi tarif pemerintah Amerika kepada impor baja dan aluminium meningkat drastis.

 

Trump menerapkan tarif 25 dan 10 % bagi impor baja dan aluminium dari Eropa, Mexico dan Kanada. Di sisi lain, Uni Eropa juga menerapkan langkah serupa dan berencana mengadukan Washington ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

 

Loading...

Source by Hakim Abdul

loading...

You might like

About the Author: Hakim Abdul

KOLOM KOMENTAR ANDA :