Home / Kesehatan / Sering Melek Sampai Larut Malam Sebabkan Penyakit Berbahaya

Sering Melek Sampai Larut Malam Sebabkan Penyakit Berbahaya

Waspadai Penyakit Berbahaya Akibat Sering Melek Sampai Larut Malam

Waspadalah terhadap penyakit berbahaya yang akan mengganggu kesehatan akibat kebiasaan melek sampai larut malam. Jangan terlalu enjoy dengan kebiasaan tidur larut malam yang setiap hari kita lakukan, karena dampak buruknya terhadap kesehatan terbilang sangat berbahaya. Bukankah sebaiknya kita menjaga kesehatan kita sendiri sebelum beberapa penyakit berbahaya menimpa kesehatan kita?

Tugas kantor, tugas kuliah, lembur kerja hampir tiap hari, atau hampir setiap hari mungkin kita nonton tayangan televisi dan main game online yang kita gemari merupakan faktor penyebab ingin tetap melek sampai larut malam atau bahkan sampai pagi hari. Ingatlah, jangan abaikan dampak buruk yang mengancam diam-diam kesehatan kita akibat kebiasaan melek sampai larut malam tersebut.

 

Sekurang-kurangnya ada lima penyakit berbahaya yang akan muncul akibat sering melek sampai larut malam yang otomatis membuat kita tidur terlalu malam. Lima penyakit berbahaya ini kami ketengahkan di sini berdasar sumber dari National Geographic berikut:

Melek sampai larut malam bisa lemahkan kemampuan daya ingat

Pada tahun 2009, peneliti dari AS dan Prancis membuktikan bahwa dengan waktu tidur yang cukup, otak menstimulasi reaksi yang dinamakan sharp wave ripple yang berperan dalam proses penguatan memori.

Reaksi tersebut mengirim informasi atau data yang disimpan bagian otak hippokampus ke neokorteks, di mana ingatan jangka panjang disimpan.

Dengan demikian, semakin berkurang waktu tidur Anda, semakin berkurang pula ingatan yang akan disimpan otak Anda.

Melek sampai larut malam penyebab bertambahnya berat badan

Pertambahan berat badan berbanding lurus dengan kurangnya waktu tidur. Metabolisme lemak akan terganggu ketika tubuh tidak mendapatkan waktu tidur minimal 6 jam per malam. Sehingga hal ini akan menambah berat badan.

Melek sampai larut malam menyebabkan diabetes

Tidur larut malam merusak hormon dalam tubuh. Dengan rusaknya hormon dalam tubuh maka insulin yang dihasilkan pun berkurang.

Dengan berkurangnya insulin tersebut, tubuh kita akan rentan terhadap glukosa, yang merupakan faktor penyebab timbulnya penyakit diabetes.

Melek sampai larut malam melemahkan sistem kekebalan tubuh

Dengan melek sampai larut malam, tubuh akan menghancurkan sel-sel darah putih atau leukosit yang berguna sebagai sistem kekebalan tubuh.

Dengan berkurangnya leukosit dalam darah, tubuh pun akan rentan terhadap gejala penyakit dan infeksi.

Melek sampai larut malam penyakit jantung dan stroke dini

Gangguan tidur yang sudah sangat kronis (kurang tidur secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama) merupakan faktor penyebab terjadinya gangguan fungsi jantung (gagal jantung), tekanan darah tinggi, dan juga stroke dini.

Maka, sudah seharusnya Anda membuang kebiasaan buruk untuk tidur larut malam dan memberikan tubuh Anda minimal 7-8 jam untuk beristirahat demi menghindari lima penyakit berbahaya tersebut. (al/sg/ikh)

One comment

  1. serem juga,, banyak banget penyakitnya 🙁 harus mulai mengurangi tidur larut malam berarti..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

RSI Siti Hajar Sidoarjo, Bukti Kaum Sarungan NU Semakin Modern

RAKORNAS LKNU: RSI Siti Hajar Sidoarjo Ramaikan Pameran Produk Kesehatan NU RSI Siti Hajar Sidoarjo ...