Beberapa Anjuran Waktu Masuk Masjid

Waktu Pelaksanaan Shalat Idul Fitri dan Idul Adha

Beberapa Anjuran Waktu Masuk Masjid

Masjid Adalah bagian fasilitas untuk melaksanakan shalat, khususnya shalat jemaah. Tidak cuma itu, masjid juga jadi tempat berlangsungnya ibadah-ibadah yang lain selain shalat, seperti dzikir, dan lain sebagainya.

Untuk itu, para ulama memberikan beberapa anjuran saat kita masuk masjid. Salah satunya ialah Imam an-Nawawi (w. 676 H) dalam bagian karyanya yang berjudul al-Adzkar an-Nawawi, menyebutkan beberapa anjuran untuk tiap-tiap muslim yang masuk masjid.

Ke-1, disunnahkan untuk niat i’tikaf saat masuk masjid, walaupun tidak berdiam lama di sana. Menurut Imam an-Nawawi, walaupun cuma sekedar lewat di dalam masjid, tetap dinilai selaku i’tikaf kalau diniati. Oleh sebab itu, dihimbau ke tiap-tiap orang yang masuk atau cuma sekedar lewat di dalam masjid untuk niat i’tikaf.

Loading...
loading...
Ke-2, walaupun cuma sekedar lewat, dianjurkan, bahkan lebih Inti untuk berhenti sebentar, baru lantas keluar.

Ketiga, mengajak untuk berbuat baik (amar ma’ruf) dan melarang terjadinya kemungkaran (nahi mungkar). Walaupun hal ini sungguh diperintahkan untuk dilaksanakan di luar masjid, tetapi saat di dalam masjid, hal ini jadi sebuah keutamaan, selaku bentuk pengagungan dan penghormatan ke masjid.

Ke-4, kalau tidak sempat untuk melaksanakan shalat tahiyatul masjid, dianjurkan untuk membaca:

  سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر

Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar.”

Wallahu A’lam.

Loading...

IslamiDotCo Shared by Ahmad Naufal

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOLOM KOMENTAR ANDA :