Bawa Pesan Pemimpin Iran, Velayati Tiba di Rusia Bersamaan dengan Kunjungan Netanyahu

Bawa Pesan Pemimpin Iran, Velayati Tiba di Rusia Bersamaan dengan Kunjungan Netanyahu

MOSKOW – Ali Akbar Velayati, penasihat pemimpin tertinggi Iran melakukan kunjungannya ke Rusia berbarengan dengan kunjungan Benjamin Netanyahu dimana PM Israel itu datang demi meminta Rusia menyingkirkan Iran dari Suriah.

Merespon pertanyaan awak media setibanya di Moskow pada hari Rabu (11/07) mengenai “kebetulan tersebut” Velayati menyebut bahwa kunjungan PM Israel itu ndak mempengaruhi misinya dan ia (Netanyahu) hanyalah orang yang berkeliling ke suatu tempat di dunia saban hari.

“Ia ialah orang yang berkeliling ke suatu tempat di dunia saban hari,” ujar Velayati, menambahkan, “Ia senantiasa membikin pernyataan enggak berdasar dan ndak logis dan ndak ada yang peduli soal kata-katanya. Oleh sebab itu, kehadirannya di Rusia ndak berpengaruh pada misi strategis kami,” tambahnya.

Baca: MENDADAK Qassem Soleimani ke Moskow Berjumpa Putin dan Pejabat Angkatan bersenjata Rusia

Menurut Juru Bicara Departemen Luar Negeri Iran Bahram Qassemi, Velayati berada di Moskow dalam rangka menyampaikan pesan dari Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyed Ali Khamenei dan juga Presiden Hassan Rouhani terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Qassemi menjelaskan bahwa surat-surat itu ditujukan demi “menekankan perlunya hubungan yang makin luas antara Iran dan Rusia”.

Velayati kemungkinan bakal menggelar perjumpaan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis.

Qassemi menjelaskan terhadap IRIB bahwa Velayati juga bakal berkunjung ke China demi menyampaikan pesan dari Ayatollah Khamenei dan Rouhani terhadap para pemimpin China.

Ia menjelaskan bahwa sesudah penarikan AS dari kesepakatan nuklir Iran yang juga dikenal selaku Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA), Republik Islam Iran mengambil keputusan demi menyampaikan utusan spesial demi menyampaikan pesan dari pemimpin Iran atas ke negara lain.

Baca: Laporan: Jendral Bayangan Iran “Qassem Soleimani” Kembali Kunjungi Rusia

“Dalam pesan-pesan ini, pandangan dan sikap negara kita mengenai perilaku egois dan tidak resmi AS dijelaskan ke negara lain,” katanya. (ARN)



Source by Ahmad Zaini

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.