Bantu Perdamaian Afghanistan, Menhan Inggris Ingin Temui Taliban

Bantu Perdamaian Afghanistan, Menhan Inggris Ingin Temui Taliban


loading…

LONDON – Menteri Pertahanan Inggris, Gavin Williamson mengumumkan, Inggris wajib menggelar perbincangan dengan Taliban demi menemukan jalan keluar jangka panjang dalam membangun perdamaian di Afghanistan.Williamson menjelaskan, itu ialah keperluan vital Inggris bahwa perdamaian dan stabilitas bisa tercapai di Afghanistan. Inggris, lanjut Williamson, berkomitmen demi memastikan bahwa pemilihan di negara itu, yang bakal diselenggarakan akhir tahun sekarang, bakal dilaksanakan di cara yang damai.

“Aku amat percaya bahwa satu-satunya jalan keluar demi konflik di Afghanistan ialah melalui penyelesaian politik, dipimpin dan dikerjakan oleh masyarakat Afghanistan sendiri,” kata TWilliamson.

“Masa depan Afghanistan wajib diputuskan melalui dialog, tidak senjata,” sambungnya dalam sebuah pengumuman terbuka, semirip dikutip Anadolu Agency pada Kamis (24/5).

Loading...
loading...

Dia lantas melemparkan pujian terhadap  Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani asbab sudah menyampaikan penawaran demi melaksanakan perbincangan damai dengan Taliban. Williamson menyebut tawaran itu terbuka dan murah hati.

Pengumuman terbuka yang dibuat oleh Menteri Pertahanan, demi menggelar perbincangan damai dengan Taliban, ialah yang pertama oleh seorang menteri negaranya turut berkoalisi dengan AS dalam menyerbu Afghanistan pada tahun 2001 dan melengserkan Taliban dari pemerintahan Afghanistan ketika itu.

(esn)

Bantu Perdamaian Afghanistan, Menhan Inggris Ingin Temui Taliban

Loading...

[Surce]

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

KOLOM KOMENTAR ANDA :