Bank Indonesia Perkirakan Inflasi Juni Terbawah

Website Islam Institute

JAKARTABank Indonesia memperkirakan inflasi Juni Terbawah sejauh Ramadhan. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menjelaskan, bahwa inflasi bulan Juni 2016 atau selama ramadhan akan berkisar di antara 0,5% atau paling tinggi menyentuh 0,6%. Kalau ramalan Bank Indonesia benar, maka dipastikan inflasi tahun sekarang akan jauh lebih rendah daripada inflasi ramadhan tahun-tahun sebelumnya.

Mirza Adityaswara menambahkan rendahnya inflasi kala Lebaran diperkirakan sebab ada penurunan daya beli dan inisiatif pemerintah untuk menjaga harga supaya tetap stabil.  “Jadi mungkin kombinasi dari itu, sungguh ada penurunan daya beli juga dan ada pengendalian inflasi dari pemerintah yang telah jauh lebih baik,” katanya di Gedung BI waktu Buka Puasa Bersama-sama Awak media, Selasa (28/6/2016) di Jakarta.

Loading...
loading...

Kecuali darpada itu, kerjasama antar kepala daerah dan pemerintah pusat juga jadi titik positif pengendalian inflasi tahun sekarang waktu ramadhan dan lebaran. “Ini dibuktikan dengan koordinasi pemda dan pemerintah pusat untuk penambahan supply barang, jadi pengendalian harga lebih baik, ” kata Mirza Adityaswara, Selasa (28/6/2016).

 

 

Selama ini, seperti telah diketahui secara luas, pemerintah menggenjot supplay barang komoditas di Indonesia Menjelang ramadhan dan Menjelang lebaran sehingga tidak mengakibatkan kenaikan harga yang cukup signifikan dan bisa memenuhi kebutuhan masarakat.

Loading...

“Pemerintah telah bekerja dengan terlalu baik Menjelang ramadhan lalu dan Menjelang lebaran ini sehingga ketersediaan komoditas juga terjaga dengan baik dan tidak menimbulkan gejolak harga yang cukup tinggi,” pungkas Mirza Adityaswara(al/sn)

 

loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :