Bank Indonesia: 64% Masarakat Belum Tersentuh Perbankan

Website Islam Institute
Loading...

JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) mengungkapkan sebanyak 64% warga Indonesia dari seluruh lapisan belum terjamah akses keuangan atau perbankan. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya warga, terutama yang tinggal di pedesaan dan pedalaman belum mengenal dunia keuangan atau perbankan.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menjelaskan, masih beberapa warga di daerah yang menyimpan uangnya di bawah bantal. Untuk itu, pihaknya akan fokus pada penyediaan akses keuangan bagi warga di Tanah Air.

“Jadi supaya ada kejelasan kita menyediakan akses keuangan bagi warga Indonesia. Masarakat Indonesia secara luas. Sebab sekarang baru 36% yang punya akses keuangan. Kan itu tidak banyak sekali,” ujar Gubernur Bank Indonesia itu di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

loading...

 

Agus DW Martowardojo Gubenur Bank Indonesia di Jakarta

Agus DW Martowardojo menjelaskan, sampai 2023 atau 7 tahun lagi pemerintah via Bank Indonesia menargetkan 90% warga Indonesia wajib punya akses ke dunia keuangan. Supaya pemerataan akses keuangan dapat maksimal sampai ke daerah terpencil.”Fasilitas-fasilitas keuangan dan infrastrukturnya akan disiapkan oleh pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia selaku fasilitatornya bersama-sama dengan bank-bank di Indonesia,” jelas gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo.

“Akses jasa keuangan ini bukan artinya misalnya program dukungan sosial secara tunai tapi wajib dukungan sosial dengan cara disiapkan fasilitas tabungan atau fasilitas akses keuangan, dan itu dapat membikin warga nanti dapat lebih sejahtera,” tandas Agus Martowardojo di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

loading...

Ada harapan cerah bagi warga Indonesia di masa yang akan datang. Pada tuhan 2023 atau 7 tahun lagi pemerintah via Bank Indonesia menargetkan 90% warga Indonesia wajib punya akses ke dunia keuangan atau perbankan, seperti ini tekad Agus Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia.

Loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :