Bangladesh Belum Bisa Susul Indonesia Menjadi Negara…

Bangladesh Belum Bisa Susul Indonesia Menjadi Negara…

JAKARTA – Duta Besar Bangladesh Indonesia, Azmal Kabir, mengakui bahwa negaranya belum bisa masuk daftar negara berkembang sebagaimana Indonesia. Negara itu sudah lulus selaku negara yang belum berkembang atau Least Growth Nation (LDC).

Bangladesh merupakan satu dari 47 negara yang masuk dalam kategori negara-negara paling lamban berkembang. Menurut PBB, penyebabnya sebab mempunyai nilai pendapatan perkapita yang lumayan rendah.

Selain soal pendapatan, negara pecahan Pakistan ini pun mempunyai problem dalam  pembangunan berkelanjutan atau SDGs. Negara-negara LDC amat rentan terhadap guncangan ekonomi dan politik, serta mempunyai tingkat sumber daya insan yang lumayan rendah.

Dengan keluar dari daftar LDC, kata Azmal, Bangladesh telah lumayan berkembang bagus secara ekonomi dan politik. Ketika ini, negara tersebut fokus untuk menggenjot ekonomi.

Loading...
loading...

“Akhirnya kami bisa keluar dari LDC. Sekarang, saatnya kami berpusat pada pembangunan negara dengan tiga konsentrasi ekonomi. Bangladesh pun bakal mendukung SDGs 2030 di mana kami berpusat pada pembangunan negeri, kesehatan, pendidikan dan kesetaraan gender,” ucap Azmal pada Senin (9/4/2018).

“Kami tentu terinsipirasi dengan sejumlah negara yang lebih dulu telah keluar dari LDC sebagaimana Botswana, Cape Verde, Maladewa, Samoa dan Equatorial Guinea,” imbuh dia.

(mas)

Loading...

[Source]

loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :