Jasa Web Alhadiy
Berita Indonesia

Awal Mula ISIS Masuk ke Indonesia Melalui Internet

ISIS sempat menyatakan diri bergabung dengan Front Al Nusra, kelompok yang menyatakan diri sebagai satu-satunya afiliasi Al-Qaidah di Suriah.

Bagaimana awal mula ISIS masuk ke Indonesia? Berikut ini ulasan sedikit mengenai awal mula ISIS masuk ke Indonesia. ISIS (Islamic State Of Iraq And Suriah) merupakan organisasi Islam yang bertujuan mendirikan Negara Islam. Namun bersimpangan dengan ajaran Islam yang sesungguhnya. ISIS pertama kali dibentuk di wilayah Timur Tengah yang dipimpin oleh Abu Bakar Al-Baghdadi.

ISIS sebelumnya adalah bagian dari Al-Qaidah. ISIS sempat menyatakan diri bergabung dengan Front Al Nusra, kelompok yang menyatakan diri sebagai satu-satunya afiliasi Al-Qaidah di Suriah.

Namun karena metode ISIS/ISIL dianggap bertentangan dengan Al-Qaidah. Lantaran telah berbelok dari misi perjuangan nasional dengan menciptakan perang sektarian di Irak dan Suriah. ISIS dianggap tidak lagi sejalan dengan Al-Qaidah.

Lalu bagaimana ceritanya sehingga ISIS ada di Indonesia, inilah ulasan singkat awal mula ISIS masuk ke Indonesia.

Awal Mula ISIS Masuk ke Indonesia: Masuk Lewat Internet dan Melalui Anggota ISIS Asal Indonesia yang Kembali ke Indonesia

ISIS dikenal karena memiliki interpretasi yang radikal pada Islam dan mengajarkan kekerasan untuk mencapai tujuannya sendiri. Seperti bom bunuh diri, membunuh orang yang tidak sepaham dengannya, bahkan menjarah bank. Juga merampok seperti yang mereka lakukan terhadap kaum Yazidi di pegunungan Sinjar, Irak.

Awal mula ISIS masuk ke Indonesia dengan melalui Internet. Dan melalui salah satu anggota ISIS asal Indonesia yang kembali ke Indonesia. Kemudian menyebarkan paham tersebut kepada masyarakat sekitarnya. Bahkan penyebarannya dibungkus dengan kajian-kajian keagamaan.

Menurut BNPT, awal mula ISIS masuk ke Indonesia dimulai pada 2013. Ketika dideteksi terdapat 56 orang Indonesia yang pergi ke Irak untuk bergabung dengan ISIS. Dan 16 orang diantaranya telah pulang dan merekrut anggota baru dari Indonesia. Kemungkinan saat ini pengikut dari ISIS itu sendiri bisa bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

ISIS bertujuan menumbangkan pimpinan Iraq dan Suriah yang dianggap berafiliasi ke Syiah. Sehingga tidak relevan bagi warga negara Indonesia untuk ikut bergabung dengan ISIS itu sendiri.

Biasanya, ISIS menargetkan generasi muda Islam yang masih dikatakan labil agar dapat dipengaruhi dengan mudah. Dan ketika sudah terpengaruh maka mereka akan tergabung dengan ISIS. Demikian ulasan singkat terkait awal mula ISIS masuk ke Indonesia.

(Suara Mahasiswa/Inut-UIN Jakarta)

Simpan

Jasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker