Astaghfirullah! Supaya Tidak Kelihatan Kumuh, Kali Item Samping Wisma Atlet Ditutupi Kain Hitam

Astaga! Supaya Tidak Kelihatan Kumuh, Kali Item Samping Wisma Atlet Ditutupi Kain Hitam

Kali Item yang terletak di belakang Wisma Atlet, Kemayoran, dipasangi jaring-jaring berwarna hitam untuk menutupi aliran kali yang berwarna hitam, Kamis (19/7/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Kali Sentiong yang dijuluki selaku Kali Item yang terletak di belakang Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, dipasangi jaring warna hitam berbahan nilon atau biasa disebut kain waring.

Kasubbag Kepegawaian Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Supriyoni menjelaskan, pemasangan itu ditunaikan untuk menutupi keruhnya warna Kali Item yang tidak sedap dipandang.

“Fungsinya untuk menambah keindahan sehingga kali yang airnya item itu ndak kelihatan langsung oleh para atlet internasional ini jadi untuk mempercantik lah,” kata Supriyono terhadap awak media, Kamis (19/7/2018).

Supriyono menambahkan, pemasangan jaring itu diinginkan dapat mengurangi bau tidak sedap yang muncul dari Kali Item.

“Makanya ini kan kaitannya dengan Asian Games makanya di kisaran wisma atlet seluruhnya dibenahi, tujuannya sejatinya supaya mengurangi bau ndak sedap di daerah ini,” katanya.

Supriyono mengumumkan, jaring berwarna hitam itu akan dipasang sejauh aliran Kali Item mulai dari jembatan Mato sampai jembatan Jubilee School.

Pengawas proyek tersebut, Edi Mahmudi, menjelaskan bahwa jaring tersebut mempunyai panjang 689 meter dan lebar 20-23 meter. Saban harinya ada 16 buruh yang diturunkan untuk memasang jaring-jaring itu.

Puluhan sling yang terbuat dari baja juga dipasang untuk menahan beban jaring-jaring itu dan ndak membuatnya jatuh ke permukaan air.

sebelum ini, Kali Item sempat sebagai sorotan akibat warnanya yang hitam keruh serta menimbulkan bau tidak sedap. Padahal, kali itu tepat berada di belakang Wisma Atlet yang sebagai tempat tinggat para atlet selama Asian Games 2018 yang akan datang.

Adapun keadaan Kali Item pada Kamis sore terpantau ndak begitu menimbulkan bau tidak sedap. Walau airnya masih berwarna hitam, sedikit sampah yang menggenang di sana.

(kompas.com/ suaraislam)


Source by Ahmad Zaini

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOLOM KOMENTAR ANDA :