Kata Aa Gym Allah Bersemayam Diatas Arsy, Artinya Allah Bertempat Dong?

Loading...

Di dalam al-Quran, terdapat firman Allah Tuhan Yang Maha Pengasih Bersemayam Diatas Arsy. Dalam memahami ayat ini, ada di antara umat Islam yang terjebak pada pemahaman kaum Musyabbihah (golongan yang menyerupakan Allah dengan makhluk). Mereka beranggapan bahwa Allah bertempat atau memiliki tempat di atas Arsy.

Dengan kata lain, pemahaman mereka adalah Allah butuh pada Arsy. Sedangkan Arsy adalah salah satu makhluk (ciptaan) Allah. Dengan pemahaman sepeti itu berarti Allah Swt bertempat, padahal dalam para Ulama Ahlussunnah wal Jamaah berkonsensus (ijma’) bahwa Allah ada tanpa tempat dan tanpa arah.

Pemahaman bathil di atas, belakangan ini disebarkan oleh beberapa pihak kepada orang-orang awam atau orang yang kurang mengerti mengenai tauhid yang benar sehingga mereka terjebak pada tasybih (penyerupaan Allah dengan makhluk).

Astaga, Kata Aa Gym: Allah Bersemayam Diatas Arsy

INFO PENTING

Dalam sebuah video pengajian Aa Gymnastiar yang lebih dikenal dengan Aa Gym, secara jelas menyatakan bahwa kalau ditanya Allah ada di mana, maka Allah bersemayam di atas Arsy. (lihat video)

Imam Abu Bakar al-Baqillah, penghulu ulama tauhid Ahlussunnah wal Jamaah memberikan penjelasan didalam Al-Inshaf bila ada yang bertanya tentang ayat tersebut, sebagai berikut:

Jika di tanya: bukankah Alloh telah berfirman Tuhan yang maha pengasih beristiwa di atas arasy? Maka jawab: ia benar, Alloh telah berfirman demikian, dan kami mengatakan hal itu dan yang serupa dengannya sesuai dengan apa yang ada di dalam Al Quran dan hadits.

Akan tetapi kami meniadakan sifat sifat makhluk dari-Nya. Dan kami katakan: istiwanya Allah tidak sama dengan istiwanya makhluk. Dan kami tidak beranggapan bahwa arasy merupakan kediaman dan tempat-Nya. Karena Allah itu ada sebelum adanya tempat, kemudian setelah Dia menjadikan makhluk, Dia tetap tidak berubah dari keadaanNya (tetap tidak bertempat). (Al-Inshaf, hlm 12)

Berikut video tentang aqidah Aa Gym, fokus di menit 01.30 02.00

Loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :