AS Resmi Keluar dari Dewan HAM PBB

AS Resmi Keluar dari Dewan HAM PBB

WASHINGTON DC – Amerika Serikat sudah mengumumkan pengunduran dirinya dari Dewan Hak Asasi Insan PBB (UNHRC) dengan alasan mereka bahwa dewan tersebut sudah bersikap bias kepada Israel.

Pengumuman itu dibuat oleh Duta Besar AS demi PBB Nikki Haley, berbarengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, di Departemen Luar Negeri di Washington pada hari Selasa (19/06).

Pemerintah AS menuduh UNHRC bersikap munafik dan mengkritik keras keras badan yang beranggotakan 47 negara itu sudah bersikap bias kepada rezim Tel Aviv.

Baca: Untuk Israel, AS Bakal Mundur dari Dewan HAM PBB

“Berlebihan lama Dewan Hak Asasi Insan sudah sebagai pelindung para pelaku pelanggaran hak asasi insan dan tangki septik politik bias. Sayangnya, sekarang terang bahwa seruan kami demi reformasi ndak sukses,” kata Haley.

“Para pelanggar hak asasi insan terus melayani dan terpilih di dewan ini… Oleh sebab itu, seperti yang kami katakan bakal kami lakukan setahun yang lalu, kalau kami ndak menyaksikan kemajuan apa pun, Amerika Serikat secara resmi menarik diri dari Dewan Hak Asasi Insan PBB,” tambahnya.

Haley menuduh pemerintah dengan catatan hak asasi insan yang menyedihkan mencari kursi di UNHRC demi menghindari kontrol dan lantas menolak proposal demi reformasi.

“Saat kami menekankan kami bakal amat mengejar reformasi Dewan, negara-negara ini keluar dari tempat mereka demi menentangnya,” katanya. “Rusia, China, Kuba, dan Mesir seluruhnya berusaha merusak usaha reformasi kami tahun lalu.”

Baca: Lieberman kritik keras Penyelidikan Dewan HAM PBB atas Pembunuhan masal di Gaza

Duta Besar AS demi PBB itu mengkritik keras dewan yang bermarkas di Jenewa tersebut selaku “organisasi yang munafik dan melayani diri sendiri yang membikin ejekan kepada hak asasi insan.”

Tahun lalu, Haley menuduh dewan bersikap “bias kronis anti-Israel ” dan mengingatkan bahwa Washington sedang meninjau keanggotaannya. (ARN)



Source by Ahmad Naufal

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOLOM KOMENTAR ANDA :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.