Jasa Web Alhadiy
Berita Yaman

Arab Saudi Mempersulit Warga Yaman untuk Mengungsi

Serangan Udara Arab Saudi Mempersulit Warga Yaman untuk Mengungsi

Islam-Institute.com, Konflik Yaman – Warga sipil di Saada, Yaman Utara, makin kesulitan untuk menyelamatkan diri dari serangan udara yang dipimpin oleh Arab Saudi. Padahal menurut pihak koalisi Arab saudi, serangan yang dimulai Sabtu malam tersebut menargetkan kelompok Syiah Houthi.

Johannes Van Der Klauuw, Koordinator Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Yaman, mengatakan sangat prihatin atas keadaan di Saada yang makin merana sebagai dampak serangan udara Arab Saudi terbaru di Yaman utara.

“Banyak warga sipil terjebak di Saada dan tidak dapat menggunakan transportasi karena kekurangan bahan bakar,” jelas dia seperti dikutip BBC, Minggu (10/5/2015).

 

Arab Saudi sendiri beralasan serangan yang mereka lakukan bertujuan untuk mengembalikan kekuasaan Presiden Yaman. Kenyataan di sisi lain, serangan Arab saudi telah menyulitkan warga Yaman untuk mengungsi.

Warga Yaman mengungsi ke Arab Saudi beberapa pekan setelah pemberontak Houthi mengambil alih ibukota Yaman, Sanaa. Kelompok Syiah Houthi didukung oleh pasukan yang setia kepada mantan Presiden Yaman.

Perwakilan PBB di Yaman mengatakan Serangan pemboman yang dilakukan Arab Saudi di daerah padat penduduk itu melawan hukum internasional. “Serangan udara tersebut menewaskan sedikitnya 1.400 orang, lebih dari setengahnya merupakan warga sipil,” tulis laporan PBB.

Sebelum memulai serangannya pada Jumat 8 Mei lalu, Arab Saudi mengatakan, mereka menganggap kota Saada sebagai zona militer dan menghimbau kepada warga sipil agar meninggalkan wilayah tersebut. (al/bbc)

Jasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker